KPK Kantongi 43 Nama Calon Menteri

KPK Kantongi 43 Nama Calon Menteri

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf

Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Tim Transisi Jokowi-JK yang diketuai Rini Soemarno, telah menyerahkan 43 nama calon menteri kabinetnya ke KPK. "Sebanyak 43 nama sudah diserahkan," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Penyerahan nama calon pembantu presiden itu untuk ditelaah dan ditelusuri rekam jejak serta harta kekayaannya, sebelum ditetapkan sebagai menteri. Namun, Jokowi bersikukuh tak membocorkan nama-nama calon menterinya sebelum pelantikan 20 Oktober 2014 mendatang.

"Saya nggak ingin menyampaikan nama. Setelah pelantikan baru disampaikan. Karena etikanya seperti itu," tegas Jokowi.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf mengatakan, nama calon menteri kabinet Jokowi-JK sudah diserahkan oleh tim transisi. Namun, dia enggan mengatakan nama dan jumlah calon menteri yang disetorkan. "Sudah, baru saja diserahkan. Ini top secret, tidak boleh dibeberkan," ujar Yusuf.

Ditanya kembali soal jumlah calon menteri, dia mengatakan tidak lebih dari 50. "Jumlahnya tidak lebih dari 50 dan tidak kurang dari 40," tegasnya.

Sebelumnya, Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan, sudah menyerahkan daftar nama calon menteri kepada KPK PPATK. Menurutnya, hal itu sebagai early warning untuk melihat rekam jejak yang tidak didapatkan Tim Transisi. (Jr.)**
.

Categories:Politik,
Tags:kpk,