Pusat Gempa Susulan Nepal Dekat Perbatasan Cina

Pusat Gempa Susulan Nepal Dekat Perbatasan Cina

Kathmandu, porak poranda set5elah dihantam Gempa berkekuatan 7,4 SR

Kathmandu - Nepal dahsyat yang kembali mengguncang Nepal, Selasa dilaporkan terasa sampai India dan Bangladesh. Pusat gempa atau episentrum diketahui berada di 83 kilometer Timur Kathmandu, yakni dekat dengan perbatasan Cina.
 
Seperti dilansir dari BBC, Selasa (12/5/2015) menurut keterangan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (US), kedalaman gempa mencapai 18,5 kilometer. "Ini gempa besar," kata Prakash Shilpakar, pemilik toko suvenir di Kathmandu. 
 
Hampir seluruh warga berhamburan dan  berlarian dari bangunan-bangunan di Kathmandu, saat gempa mengguncang pukul 12.35 waktu setempat. Sebelumnya, gempa mengguncang Nepal Sabtu 25 April 2015. Pusat lindu terletak sekitar 50 km sebelah barat laut Kathmandu, pada kedalaman 9,3 kilometer, yang dianggap dangkal.
 
Akibatnya, kawasan Ibukota Kathmandu prak poranda akibat terjangan bencana tersebut. Jalan-jalan tertutup oleh reruntuhan bangunan. Warga setempat bersama tim evakuasi terus mencari korban di antara puing-puing bangunan yang roboh.

Korban tewas gempa pertama di Nepal menembus di atas 8 ribu jiwa. Pejabat Departemen Dalam Negeri Nepal Laxmi Prasad Dhakal memperkirakan, jumlah korban tewas akan terus meningkat. Sementara lebih dari 4.600 orang terluka. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,