Perwakilan Tujuh Provinsi Tampilkan Kreasi Khas Daerah

Perwakilan Tujuh Provinsi Tampilkan Kreasi Khas Daerah

Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Deddy Mizwar mengawali semarak memperingati hari jadi ke-70 Provinsi Jabar dengan membuka kegiatan seni budaya dan pameran industri kreatif bersama serangkaian acara Gebyar Budaya Garut 2015 di pusat kota, Kabupaten Garut

Bandung - Perwakilan masyarakat dari tujuh provinsi menampilkan kreasi keunikan khas daerahnya untuk memeriahkan kegiatan Gebyar Budaya Garut dan awal memperingati hari jadi ke-70 Provinsi Jabar di pusat kota, Kabupaten Garut, Rabu (13/5/2015).

"Dalam helaran seni ini mempersembahkan seni unggulan dari tujuh provinsi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut Mlenik Maumeriyadi.

Ia menyebutkan, tujuh provinsi yang akan tampil dalam acara Gebyar Budaya Garut yakni dari Provinsi Aceh, Papua, Kalimantan Selatan, Toraja, Lampung, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Barat.

Masyarakat perwakilan dari tujuh provinsi itu menampilkan pakaian adat serta tarian khas daerahnya masing-masing.

"Kegiatan ini dimeriahkan dengan digelarnya helaran seni tradisional serta helaran seni unggulan dari kabupaten dan kota di Jawa Barat," katanya.

Seorang peserta dari Papua, Boas Siret mengatakan pagelaran seni budaya di Garut merupakan kegiatan yang harus dilestarikan sebagai upaya mengenalkan keanekaragaman bangsa Indonesia.

Ia berharap, acara seni dan budaya tidak hanya digelar di Garut, tetapi dapat dilaksanakan juga diberbagai daerah lainnya di Jabar, umumnya Indonesia dengan melibatkan banyak peserta dari berbagai daerah.

"Acara ini bagus melestarikan budaya daerah, kedepan kegiatan ini lebih bagus lagi, dengan melibatkan lebih banyak daerah di Indonesia," kata Boas anggota Sanggaranjungan Papua di Taman Mini Indonesia (TMII) Jakarta.

Gebyar Budaya Garut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dihadiri pejabat pemerintah Garut dan Provinsi Jabar serta kelompok masyarakat seni dan budaya.

Acara tersebut menampilkan parade "marching band", devile batik Garutan, dan diakhiri dengan Garut Intan Carnival atau menampilkan sejumlah busana yang dirancang oleh para perancang busana asal Garut. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,