Imigrasi Sukabumi Jaring 24 WNA Ilegal

 Imigrasi Sukabumi Jaring 24 WNA Ilegal

Ilustrasi WNA Ilegal.(Net)

Sukabumi - Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Jawa Barat selama Operasi Bhumi Pura Wira Wibawa pada 4-11 Mei 2015 menjaring sebanyak 24 warga negara asing atau WNA yang melakukan pelanggaran keimigrasian.

"Dari 24 WNA itu, warga Tiongkok sebanyak 14 orang, Korea Selatan sebanyak 4 orang, Malaysia sebanyak 2 orang, seorang warga India, Maroko 2 orang dan satu orang dari Mesir," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Filianto Akbar di Sukabumi, Jumat (15/5/2015).

Menurutnya, operasi tersebut dibagi menjadi tiga tim untuk ditempatkan di wilayah Kota/Kabupaten Sukabumi dan Cianjur. Karena wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi ini juga mencakup wilayah Cianjur. Dari hasil penjaringan terhadap warga asing tersebut, mayoritas menyalahi izin tinggal, kesalahan administrasi dalam permohonan izin tinggal, overstay dua sampai tiga tahun, serta perkawinan campur atau ada juga kawin kontrak.

Namun, untuk tiga WNA asal Tiongkok pihaknya berkoordinasi dengan Direktorat Jendral di Jakarta, karena pihaknya tidak memiliki petugas Penyidik Pegawai Negeri Sipil atau PPNS maka kasusnya ditangani langsung oleh Ditjen Keimigrasian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum HAM) RI.

"Operasi seperti ini akan terus kami lakukan, karena tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa WNA yang melanggar aturan keimigrasian," tambahnya.

Sementara, pada 2014 lalu pihaknya juga mendeportasi seganyak 14 WNA yang berasal dari Malaysia, Pakista dan Singapura. Kemudian pada 2015 ini sudah 20 WNA yang dideportasi ke negaranya masing-masing yang berasal dari Belanda, Tiongkok dan Hongkong. Mereka dideportasi karena menyalahi izin tinggal dan administrasi tentang keimigrasian.

Bahkan, pada operasi tersebut pihaknya juga menjaring dua wanita penari perut/striptease asal Maroko yang juga merupakan jaringan prostitusi di wilayah Cipanas, Kabupaten Cianjur. Keduanya ditangkap dan ditempatkan sementara di ruang detensi keimigrasian (Rudenim) Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,