24 Hasil Penelitian Dipamerkan di Puslitbang SDA

24 Hasil Penelitian Dipamerkan di Puslitbang SDA

Booth Pameran Puslitbang Sumber Daya Air. (Foto Ganendra)

Bandung - Sebanyak 24 hasil penelitian dari Balai Besar Wilayah Sungai se-Indonesia dipamerkan untuk umum pada Kegiatan Kolokium Pusat Litbang Sumber Daya Air (Puslitbang SDA) 2015, di halaman depan Gedung Pusair Kementerian Pekerjaan Umum Kota Bandung, dari tanggal 18-25 Mei 2015.

"Agenda Kolokium Puslitbang SDA ini akan dijadikan agenda tahunan dan digunakan utk komunikasikan kegiatan litbang sumber daya air kepada masyarakat, perguruan tinggi dan stakeholder," kata Kepala Balai Bangunan Hidraulik dan Geoteknologi Keairan Pusair Kementerian PU Dwi Kristianto, di Bandung, Senin (18/5/2015).

Ia mengatakan, pada pameran tersebut pihaknya akan membuka secara khusus seluruh balai yang ada di lingkungan Puslitbang SDA seperti Balai Hidorlogi dan Tata Air, Balai Bangunan Hidraulik dan Geoteknik Keairan, Balai Lingkungan Keairan, pelajar dan civitas akademik.

"Selain itu, terdapat partisipasi pihak swasta dalam pameran ini dengan memamerkan produk yang berkaitan dengan bidang pengelolaan sumber daya air," kata dia.

Selain itu, lanjut Dwi, pada kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan sosialiasi dan konsultasi permasalahan bidang sumber daya air (Home Doctor), pelatihan-pelatihan dan lomba kartya tulis atau ilmiah SMA tingkat nasional.

"Home Doctor ini adalah kegiatan pelayanan advis teknis sumber daya air yang dilaksanakan oleh Bidang Standar dan Diseminasi Puslitbang SDA dan didukung oleh tim tenaga ahli, laboratorium penguji, serta SPM dan teknologi hasil litbang," kata dia.

Menurut dia, saat ini yang menjadi salah satu tantangan bangsa ini adalah masalahan ketahanan air yang juga akan berdampak pada ketahanan pangan.

"Kalau berbicara ketahanan air itu ada empat indikator fungsinya, pertama Kkeberadaan air bisa dipertahankan, kedua aksesibilitas air, ketiga kualitas air dan keempat keberlanjutan air," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,