Pesona Baldwin Street, Jalan Paling Curam di Dunia

Pesona Baldwin Street, Jalan Paling Curam di Dunia

Baldwin Street yang ada diKkota Dunedin, Selandia Baru dinobatkan sebagai jalan tercuram di dunia.

Dunedin - Baldwin Street yang ada diKkota Dunedin, Selandia Baru dinobatkan sebagai jalan tercuram di dunia. Jalan tersebut dibangun bersebelahan dengan rumah yang mempunyai gradien luar biasa, yakni sekitar 19 derajat dari garis horizontal.
 
Kemiringan jalan itupun terjadi akibat perencanaan kota yang kurang baik oleh pihak bertanggung jawab, sehingga menyebabkan banyak jalan memiliki kemiringan yang hampir sama.
 
Tidak seperti kebanyakan jalan di Selandia Baru, jalanan ini tidak aspal melainkan hanya dibeton. Pengemudi harus memiliki ban yang baik untuk berkendara di jalan ini terutama pada saat musim dingin.
 
Dikabarkan, Baldwin Street diakui oleh Guinness Book of Records sebagai jalan paling curam di dunia. Jalan itu terletak di sisi utara Signal Hill, sebuah bukit yang menonjol menghadap Otago Harbour di lereng perbandingan 1: 2,86 (setiap 2.86 m lurus horizontal, ada kenaikan 1 m).
 
Ada beberapa acara tahunan yang diselenggarakan di Jalan Baldwin. Salah satunya Karnaval tahunan Race Jaffa di Cadbury Chocolate, di mana sebanyak 30.000 permen jeruk dengan cokelat di tengahnya digulingkan di jalan ini. 
 
Sementara acara besar lainnya, Baldwin Street Gutbuster yakni perlombaan ke puncak dan kembali turun lagi. Sekitar 1.000 orang bersaing dalam kategori yang berbeda, namun rekor yang sudah ada belum ada yang sanggup memecahkannya lebih dari satu dekade terakhir. Penduduk setempat dan orang-orang dari seluruh dunia pun datang untuk bersaing. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:wisata,