Ratusan Demonstran Kenakan Topeng Vendetta di Istana

Ratusan Demonstran Kenakan Topeng Vendetta di Istana

Ratusan Demonstran Kenakan Topeng Vendetta di Istana Negara.(Net)

Jakarta - Aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Jakarta di depan Istana Presiden makin marak dilakukan. Apalagi, setelah mereka menggunakan topeng dengan wajah senyum serta kumis lebar terbalik di kedua ujungnya, ditambah jenggot runcing yang dikenakan secara vertikal.

"Ya, topeng tersebut wajah vendetta, merupakan simbol perlawanan. Topeng vendetta ini sudah terkenal di Eropa sebagai simbol perlawanan," kata Jimy Julian, Humas KAMMI di depan Istana Negara, Kamis (20/5/2015).

Para demonstran yang saat ini sudah berkumpul sambil berdiri berbaris di depan Istana Presiden. Dengan mengenakan topeng vendetta sambil memegang kertas bertuliskan 'Ultimatum Jokowi'.

Menurut Jimy, mereka melakukan aksi bisu, dengan bantuan topeng. "Kami lakukan aksi bisu, tanpa bicara. Ini simbol perlawanan kami (kenakan topeng)," tegasnya. Aksi mahasiswa ini menimbulkan kemacetan di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Bentuk topeng tersebut diketahui dibuat oleh ilustrator David Lloyd. Topeng dibuat untuk mewakili bentuk protes dan digunakan sebagai karakteristik utama elemen dalam V for Vendetta, yang diterbitkan pada 1982 dan diadaptasi film 2006. Topeng tersebut kerap menjadi simbol terkenal yang digunakan oleh online hacktivist, yaitu Anonymous. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:demo,