Ketua MUI Jabar Berpulang ke Rahmatullah

Ketua MUI Jabar Berpulang ke Rahmatullah

K.H. Hafizh Utsman

Bandung – Innalillahi wainnailaihi rojiun. Kabar duka datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat. Pada Senin (20/10/2014) siang, Ketua MUI Jawa Barat, K.H. Hafizh Utsman meninggal dunia akibat serangan jantung.

Setelah sempat disemayamkan di rumah duka di Kompleks DPRD Jawa Barat, Margasari, Buahbatu, Bandung,selesai salat  magrib, jasad almarhum langsung diberangkatkan ke Menes Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten untuk dimakamkan di tanah kelahirannya.

Ratusan umat Islam tampaknya ikut menyolatkan jenazah almarhum yang dipimpin langsung K.H. Miftah Faridl. Tampak pula ikut melayat Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar, Walikota Bandung Ridwan Kamil serta pejabat lingkungan Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat, dan Kementerian Agama Kota Bandung.

Kepergian mendadak kyai karismatik ini, tentu saja menjadi kehilangan besar bagi masyarakat Jawa Barat dan Banten. Apalagi selama ini, almarhum dikenal sangat dekat dengan masyarakat dan selalu menyempatkan diri untuk memberikan yang terbaik bagi perkembangan agama Islam di Jawa Barat dan Banten.

Tak hanya itu, almarhum yang lahir di Pandeglang Banten 14 Januari 1940 ini pun, diketahui sebagai ulama senior NU yang dipercaya menjadi Ketua Panitia Muktamar NU ke-32 di Makassar bulan Maret lalu.

Jejak perjuangannya di NU dimulai sejak menjadi Pandu Ansor Cabang Menes (1954 - 1956) dan Wakil Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Pandeglang (1956 - 1958). Beliau pernah juga sebagai Bendahara IPNU di Amuntai Kab. Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan (1958 - 1960) dan di fakultasnya juga tercatat sebagai Sekretaris Senat Mahasiswa FHl-Kullyatul Qadla UNNU di Surakarta (1960-1964) serta Komisaris Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Surakarta (1962 - 1964).

Sedangkan kiprahnya di panggung politik dimulai dengan menjadi anggota DPRD Tingkat I Provinsi Jawa Barat Fraksi Nahdlatul 'Ulama (Ketua) di Bandung (1971 1977), Anggota DPR/ MPR RI Fraksi Persatuan Pembangunan (1977 -1982) dan Anggota DPRD Tingkat I Provinsi Jawa Barat Fraksi Persatuan Pembangunan di Bandung (1982 - 1987). Saat ini beliau menjadi Rais Syuriah PBNU dan Ketua Umum MUI Jawa Barat. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,