Tingkatkan Konsumsi Pangan Berbahan Baku Lokal

Tingkatkan Konsumsi Pangan Berbahan Baku Lokal

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Semakin rawannya pangan yang dikonsumsi di dalam negeri karena berasal dari negara lain seperti halnya terigu ataupun beras yang masih impor, mendorong ditingkatkannya pengembangan bahan pangan lokal.

 
"Padahal, masih banyak bahan pangan lainnya yang dapat dikonsumsi seperti singkong, ubi bahkan kacang-kacangan,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan, ketika memberi pengarahan pada "Sosialisasi Festival Keanekaragaman Makanan Berbahan Baku Lokal Tahun 2015" di Gedung Lelang Komoditi Agro Bandung, Jumat (22/5/2015).
 
Acara yang diselenggarakan atas kerja sama Dinas Perindustrian dan perdagangan Jawa Barat dengan Indonesian Chef Association itu, menurut Netty, Festival ini harus dimaknai sebagai perjuangan dalam mempertahankan bahan pangan lokal. 
 
Saat ini pangan yang dikonsumsidi  Indonesia mengalami kerawanan karena berasal dari negara lain. Seperti halnya terigu dan beras yang masih impor.  “Padahal, masih banyak bahan pangan lainnya yang dapat dikonsumsi seperti singkong, ubi bahkan kacang-kacangan,” tuturnya.
 
Untuk itu, ia mengajak seluruh peserta yang terdiri atas anggota PKK, pelajar dan mahasiswa untuk melakukan proses ideologisasi konsumsi pangan yang ada. Dengan kata lain, mengganti nasi sebagai sumber karbohidrat utama dengan tanaman pangan sumber karbohidrat lain. "Dari segi politis, kita dapat membantu pemerintah untuk menekan angka impor pangan yang dapat digunakan untuk kesehatan," tandasnya.
 
Festival Keanekaragamanan Makanan Berbahan Baku Lokal Tahun 2015 akan dilaksanakan tanggal 30 – 31 Mei 2015 di Mall Cihampelas Walk. Makanan yang akan dilombakan berupa cookies, chips, cake/bolu, desert, main couse dan minuman yang berbahan baku cereal dan kacang-kacangan. Selain itu akan dibuat tumpeng setinggi 1 metr berwarna pelangi, yang pewarnanya terbuat dari kacang-kacangan serta cookies dan cake berbentuk Surili.(Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,