Delapan PSK Pengidap HIV Dipulangkan ke Daerahnya

Delapan PSK Pengidap HIV Dipulangkan ke Daerahnya

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung- Para PSK yang terjaring razia di Saritem, Jalan Gardujati Bandung oleh Polrestabes Kota Bandung  Rabu malam (20/5/2015) berjumlah delapan dan mengidap positif HIV saat ini dipulangkan ke daerah masing-masing untuk diserahkan ke pihak keluarganya. 
 
PSK yang positif mengidap HIV akan mendapatkan pengarahan khusus dan diberikan resep pengobatan secara berkala untuk menekan virus itu. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanegara saat dihubungi melalui sambungan telepon. Sabtu (23/5/2015).

"Saat ini info terakhir dari Dinsos (Dinas Sosial Kota Bandung), mereka dipulangkan ke daerah masing-masing dan diserahkan ke pihak keluarganya karena yang sudah positif itu (HIV) kebanyakan orang luar dari Bandung. Mereka juga diberikan penerangan menganai penyakit itu dan juga dikasih surat untuk berobat," ujar Ahyani. 
 
Ahyani menuturkan bagi PSK yang berdomisili di Bandung dan  mengidap HIV akan dirujuk ke beberapa klinik yang membuka layanan pengobat serta akan diberikan surat khusus supaya bisa melakukan pengobatan secara rutin. Ahyani menghimbau para pengidap HIV tidak dilakukan rehabilitasi atau karantina tetapi harusnya ada sosialisasi khusus supaya para pelaku bisa berubah dan tidak mengulangi bisnis haram tersebut.

"Kalau untuk warga Bandung, kita cari klinik yg bisa dirujuk untuk melakukan berobat jalan. Begitu juga kita kasih surat untuk berobat secara teratur. Pengidap HIV akibat perilaku seks bebas bukan harus direhabilitasi, karena bukan penyakit menular kalau perilaku orang itu baik. Makanya kemarin baik dari Dinsos dan kami (Dinkes) memberikan penyuhulan kepada orang-orang tersebut," tuturnya.

Selain itu, Ahyani pun mengajak masyarakat untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap orang yang positif mengidap HIV. Menurutnya, dukungan dari lingkungan sangat berarti untuk proses pemulihan orang-orang tersebut. 

"Dukungan dari lingkungannya sendiri juga sangat dibutuhkan, terutama keluarga. Yang pasti ini penyakit tidak menular kalau orang tersebut berperilaku baik," tegasnya.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,