Irlandia Dukung Pernikahan Gay, Gereja Diminta 'Melihat Kenyataan'

Irlandia Dukung Pernikahan Gay, Gereja Diminta 'Melihat Kenyataan'

Ilustrasi.(Foto:Net)

Irlandia-Salah seorang pemuka Katolik di Irlandia menyerukan agar gereja melihat kenyataan bahwa mayoritas warga negara itu telah mendukung pernikahan sesama jenis.
Pernikahan sesama jenis yang pertama di Irlandia kemungkinan akan digelar pada awal musim gugur ini.
 
Diarmuid Martin, Uskup Agung Kota Dublin, mengatakan gereja di Irlandia sudah saatnya membangun kembali hubungan dengan kaum muda.
 
Hasil referendum menunjukkan 62% suara mendukung perubahan konstitusi untuk memungkinkan pasangan gay dan lesbian menikah di negeri itu.
 
Dalam wawancara dengan lembaga penyiaran negara, RTE, Uskup Agung mengatakan: "Kami (gereja) harus melihat kenyataan, dan tidak menolaknya."

Tantangan besar gereja

"Saya menghargai perasaan kaum gay dan lesbian pada hari ini. Bahwa mereka merasa ini adalah sesuatu yang memperkaya cara hidup mereka. Saya pikir itu sebuah revolusi sosial."
Uskup Agung mengatakan dirinya secara pribadi memilih "tidak" dalam referendum, dengan alasan hak-hak kaum gay harus dihormati, tetapi "tanpa mengubah definisi pernikahan".
 
"Saya bertanya pada diri sendiri, sebagian besar orang-orang muda memilih 'ya' karena produk sistem sekolah Katolik selama 12 tahun. Saya mengatakan ada tantangan besar untuk melihat bagaimana kita mendapatkan seluruh pesan gereja," tambahnya.
Irlandia adalah negara pertama di dunia yang melegalkan pernikahan sesama jenis melalui referendum.
Referendum ini digelar setelah homoseksual dilegalkan di negara itu sejak 22 tahun silam.(Ode)**
.

Categories:Internasional,