Membiasakan Masyarakat Tidak Makan Nasi Itu Sulit

Membiasakan Masyarakat Tidak Makan Nasi Itu Sulit

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung – Pemprov Jawa Barat melalui Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat gencar melakukan sosialisasi tentang program 1 hari tanpa nasi yang diwajibkan dilaksanakan setiap hari Rabu. Gerakan ini mengajarkan agar masyarakat tidak tergantung dengan makanan pokok dari padi atau beras, namun bisa mengandalkan dari jenis lain seperti singkong atau jagung.

 

Menurut Lilis dari Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat, membiasakan masyarakat jangan tergantung makan dari beras atau padi sangat sulit, soalnya kebiasaan mereka untuk mendapatkan zat kalbohidrat yang terbiasa hanya dari padi atau beras.

 

“Pola hidup dan kebiasaan ini yang harus kita ubah sedikit demi sedikit untuk menekankan ke masyarakat bahwa makan ubi, singkong, dan jagung adalah makanan kalbohidrat yang bagus bagi tubuh. Zat dari makanan tersebut kadarnya sama seperti saat kita makan nasi,” papar Lilis dalam seminar Ketahanan Pangan dan Pemberdayaan Masyarakat di Gedung Rektorat Unpad, Jl. Dipatiukur No. 35, Kota Bandung, Selasa (26/5/2015).

 

Lilis mengatakan, Indonesia saat ini termasuk negara tertinggi mengkonsumsi beras di Asia.

 

“Jika masyarakat masih terbawa kebiasaan mengkonsumsi beras dalam kehidupan sehari-hari dikhawatirkan stok beras untuk masyarakat Indonesia bisa tidak cukup soalnya banyak sawah saat ini beralih fungsi menjadi perumahan dan tempat industri,” katanya.

 

Selain dengan merubah kebiasaan makan masyarakat, diversifikasi beras ke bahan pokok bisa dilakukan dengan memberikan penyuluhan kepada para petani untuk menanam tanaman pengganti padi seperti jagung atau umbi-umbian.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,