Sentra Cimahi Bebas dari Bahan Pengawet dan Halal

Sentra Cimahi Bebas dari Bahan Pengawet dan Halal

Cimahi - Pengelola sentra oleh-oleh Cimahi (Olci) sebuah tempat khusus menjual oleh-oleh khas Kota Cimahi menawarkan jaminan makanan yang dijualnya bebas dari bahan pengawet dan halal.

"Kelebihan makanan yang diproduksi UKM (usaha kecil menengah) Cimahi ini adalah tidak ada satupun yang menggunakan bahan pengawet," kata pengelola Olci, Wiwi Sawiyani di Cimahi, Sabtu (30/5/2015).

Ia menuturkan, keberadaan Olci merupakan kerjasama dan dorongan tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Cimahi dalam mengembangkan produk UKM Cimahi.

Para pelaku usaha itu, kata dia, telah diberi pelatihan oleh ahli pangan untuk menciptakan hasil makanan yang sehat, aman dikonsumsi manusia dan dijamin kehalalannya.

"Jadi Makanan disini sehat bahkan sudah ada jaminan halal, dan izin dari Dinas Kesehatan," katanya.

Ia menambahkan, sentra Olci di Pasar Cimindi menyediakan berbagai oleh-oleh makanan yang sebagian besar diproduksi oleh masyarakat pelaku UKM di Kota Cimahi.

Menurut dia, puluhan produk pangan di sentra Olci telah cukup dikenal dan banyak pembelinya dari dalam kota maupun luar kota yang ingin membawa makanan sebagai oleh-oleh.

Selain itu, kata Wiwi, produk makanan yang dijual di sentra Olci banyak dipesan dari luar kota bahkan dari luar negeri seperti Belanda.

"Produk makanan disini sudah menyebar ke mana-mana, bahkan ada yang pesan untuk dikirim keluar negeri seperti Belanda," katanya.

Sejumlah produk yang dijual di sentra Olci itu diantaranya peye kecil, kerupuk susu, dorokdok, basreng, permen susu dan produk lainnya bukan pangan seperti sabun susu. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,