Jelang Ramadhan, Stok Pangan di Jabar Aman

Jelang Ramadhan, Stok Pangan di Jabar Aman

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung – Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung mengimbau masyarakat tidak perlu resah, akan kebutuhan pangan menjelang bulan Ramadhan beberapa pekan lagi. Elly Wasliah, selaku Kepala Distan KP memastikan untuk stok di bulan ini aman.
 
"Jadi tidak usah resah, karena stok pangan menjelang Ramadan aman, khususnya beras, daging dan telur," ujar Elly via telepon selulernya, Senin (1/6/2015).

Elly mengungkapkan, untuk kenaikan harga beberapa kebutuhan pangan yang selalu terjadi di bulan Ramadhan di Kota Bandung saat ini masih terbilang stabil. Seperti yang diketahui saat ini harga bahan-bahan kebutuhan pokok mulai melonjak, mulai dari bawang putih hingga daging sudah  mulai naik.

"Untuk komoditi pangan selain beras kenaikannya masih di bawah 30 persen. Hal itu masih di ambang batas wajar. Tetapi kita berharap, tidak terlalu begitu meningkat," ucapnya.

Menurut Elly, sayuran dan daging memang mengalami kenaikan tetapi tidak untuk beras. Jika kenaikan harga beras di pasar melebihi angka 15 persen, pihaknya akan langsung menggelar operasi pasar supaya harga kembali stabil. "Kalau sudah di atas 15 persen kita langsung Operasi Pasar bekerjasama dengan Disperindag," ujarnya.

Stok daging sapi pun terbilang aman karena pihak Distan KP sudah memanggil importir, dalam rangka persiapan menjelang Ramadhan.
“Waktu normal kita potong 100 ekor setiap hari, jelang Ramadan ini  menjadi 200 ekor. Artinya ada peningkatan 100 persen," jelasnya

Elly menambahkan, hal itu  dilakukan supaya pada saat permintaan meningkat, sudah diantisipasi sejak jauh-jauh hari sebelum memasuki Ramadhan dan Idul Fitri.  "90 persen itu sapi impor yang kita datangkan dari Australia dan New Zealand. Untuk sapi lokal hanya 10 persen dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," pungkas Elly. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,