Kredit Usaha Rakyat Kembali Digulirkan

Kredit Usaha Rakyat Kembali Digulirkan

Adanya KUR bisa membantu para pengrajin dan pelaku UMKM untuk kembangkan usaha, begitu juga dengan kerajinan perahu dari Purwakarta. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – KUR (Kredit Usaha Rakyat) pada tahun ini akan kembali digulirkan, dengan memberikan pinjaman mikro sebesar Rp 25 juta tanpa jaminan dengan bunga yang relatif ringan hanya 21 persen. KUR pada tahun 2015 ini melibatkan 13 bank daerah, dan 6 bank pusat.

 

Menurut staf ahli bidang teknologi Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Yohana, selain program KUR, pemerintah juga menggulirkan dana sektoril dengan bungan 5 persen. “Bunga tahun ini kita turunkan menjadi 5 persen dari 6 persen,” papar Yohana di bandung, Rabu (3/6/2015).

 

Adanya bantuan permodalan bagi para pelaku UMKM, diharapkan bisa menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. “Diharapkan, masyarakat bisa menjadi pengusaha baik dari sector mikro hingga kecil, dengan adanya UMKM kemiskinan di Indonesia kali ini turun dari 13 persen menjadi 10 persen,” tandasnya.

 

Pada acara Cooperative Fair ke-12 juga Pemprov Jabar memberikan beberapa bantuan kepada para pelaku UMKM, untuk memudahkan bisnisnya dan mengembangkan jangkauan pemasarannya.

 

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jabar, Anton Bustomi, Pemprov memberikan beberapa bantuan kepada pengusaha UMKM. “Kita menyerahkan bantuan pembuatan akta notaris untuk koperasi secara gratis. Kita juga memberikan pelatihan kewirausahaaan secara gratis untuk para pengusaha pemula,” ungkapnya.

 

Selain bantuan program kita juga memberikan bantuan dana berupa hibah usaha yang dananya diambil dari APBD Jawa Barat. “Ada dana hibah usaha bersama dari Pemprov Jabar. Selain bantuan dari Pemprov kita juga didukung pemerintah pusat dalam memberikan KCR (Kredit Cinta Rakyat),” terangnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,