One Direction & Ed Sheeran Dongkrak Penjualan Album Musik

One Direction & Ed Sheeran Dongkrak Penjualan Album Musik

One Direction & Ed Sheeran Dongkrak Penjualan Album Musik

London-One Direction, Ed Sheeran, dan Coldplay turut mendongkrak kontribusi musisi Inggris terhadap penjualan album musik di dunia. Data membuktikan musisi Inggris menjual lebih dari satu dari setiap tujuh album musik yang terjual secara global selama 2014, kata asosiasi industri musik rekaman Inggris (BPI).
 
Sepanjang tahun lalu, menurut BPI, album karya musisi Inggris terjual sebesar 13,7% dari total penjualan album musik seluruh dunia.
Hal itu menjadi prestasi tertinggi yang dicapai musisi Inggris sejak pendataan dilakukan BPI pada 2000 lalu.
 
Dari deretan album musik dunia, album yang paling banyak dibeli khalayak dunia ialah album karya Taylor Swift bertajuk 1989 dengan total penjualan enam juta keping.
Peringkat kedua ditempati album berjudul Four yang dibawakan One Direction. Adapun album musisi Ed Sheeran yang berjudul X menduduki posisi tiga.
Album musisi Inggris lainnya, seperti Sam Smith dan Pink Floyd juga masuk dalam sepuluh besar daftar album dengan penjualan terbesar di seluruh dunia selama 2014.
Artis-artis Inggris lainnya yang juga terkemuka di beberapa negara pada 2014 termasuk London Grammar di Prancis dan Australia, James Blunt di Jerman, Paloma Faith di Australia dan Arctic Monkeys di beberapa negara termasuk AS.
 
Musik artis-artis Inggris mencapai 20,4% penjualan di Australia dan 19,8% di Italia.
Pimpinan eksekutif BPI dan Brit Awards, Geoff Taylor, mengatakan angka-angka ini menunjukkan Inggris adalah “gudang kreativitas”.
 
“Musik adalah komoditas ekspor yang sukses bagi Inggris di seluruh dunia. Para penggemar mendengarkan musik yang kami produksi. Hal ini tidak hanya mendukung ekonomi namun juga mendorong citra positif bagi Inggris,” katanya seperti dilansir BBC.(Ode)**
.

Categories:Musik,
Tags:musik,