Jakarnaval Akan Meriahkan HUT Jakarta ke-488

Jakarnaval Akan Meriahkan HUT Jakarta ke-488

Jakarnaval Akan Meriahkan HUT Jakarta ke-488

Jakarta  - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyelenggarakan parade Jakarnaval 2015 pada Minggu (7/6/2015) dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-488 DKI Jakarta. 

"Jakarnaval itu digelar lebih awal dari HUT DKI Jakarta yang jatuh pada 22 Juni untuk menghormati bulan suci Ramadhan yang akan dimulai pada 18 Juni 2015 nanti," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Purba Hutapea di Jakarta, Jumat (5/6/2015). 

Menurut dia, Jakarnaval 2015 yang bertema "Gempita Jakarta" bertujuan untuk menyediakan suatu kegiatan dalam rangka merayakan HUT Kota Jakarta dengan melibatkan kelompok masyarakat, profesi, kelompok komunitas hobi dan seni budaya yang ada di Jakarta. 

"Jakarnaval 2015 juga merupakan forum sosialisasi keberhasilan pembangunan oleh berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemprov DKI," ujar Purba. 

Selain itu, sambung dia, parade Jakarnaval 2015 juga dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara untuk berwisata ke Jakarta. 

Sementara itu, menurut Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia Susilo Adinegoro, Jakarnaval 2015 merupakan ajang unjuk kreativitas dari berbagai komunitas hobi dan seni budaya yang ada di Jakarta. 

Jakarnaval  akan dimeriahkan oleh 35 komunitas hobi dan seni budaya, 22 kendaraan hias dari berbagai SKPD, BUMD, BUMN dan pihak swasta, 488 street art performance, puluhan artis dan band ternama ibu kota, kelompok marching band dan atraksi dari komunitas Paramotor Indonesia. 

"Dengan demikian, selain sebagai ajang unjuk kreativitas, parade Jakarnaval 2015 itu juga sekaligus berfungsi sebagai panggung hiburan untuk rakyat. Kegiatan hiburan akan dimulai pada pukul 12.00 WIB," tutur Susilo. 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan untuk mendukung jalannya perhelatan Jakarnaval, turut dilibatkan pula ratusan personel keamanan dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, Polres Jakarta Pusat dan Satpol PP DKI. 

Rute peserta Karnaval akan dimulai dari Plaza Timur Monas, menuju Jalan Medan Merdeka Utara, belok ke jalan Merdeka Barat. Selanjutnya kelompok kendaraan hias akan menuju ke Jalan Thamrin hingga Bundaran HI. Sedangkan kelompok komunitas hobi dan seni budaya akan berbelok ke jalan Medan Merdeka Selatan dan finis di Silang Barat Daya Monas. 

Terkait dengan rute yang akan dilalui oleh peserta Jakarnaval 2015 itu, Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta akan melakukan pengalihan arus lalu lintas hingga pukul 17.00 WIB, sementara kegiatan hiburan akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB.(Ode)**
.

Categories:Hiburan,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait