SBMPTN Mempermudah Masuk PTN

SBMPTN Mempermudah Masuk PTN

Dr. Soni A. Nulhaqim, Bersama Tim Cikalnews saat wawancara kopi sore. (dok - cikalnews)

MESKI segudang agenda senantiasa menanti setiap harinya, tak membuat Sub Bidang Informasi dan Humas Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Lokal Bandung Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si, ingkar janji. Bahkan, meski harus keluar kota tengah malam sekalipun untuk mengajar, Soni tetap menyempatkan diri untuk hadir ke kantor Redaksi CikalNews.com.
 
"Tugas saya sebagai Humas memang menuntut saya untuk memberikan informasi  kepada masyarakat sedetil mungkin, terutama yang berkaitan dengan SBMPTN dan Unpad," katanya membuka pembicaraan.
 
Soni, dosen di Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Unpad Bandung serta merupakan Kepala UPT Humas Unpad ini, memang cukup luwes dalam menyampaikan informasi yang berhubungan dengan SBMPTN. Bahkan dia sangat menguasai apa yang ditanyakan media. Sebagai Dosen S-1 dan S-2 di Unpad dan beberapa kampus lainnya, Soni memang patut diacungi jempol ketika memberikan informasi dengan gamblang prihal SBMPTN.
 
 
Dengan beristerikan Tina Rostinawati, S.Si.,A.Pt.,M.Si, dengan seorang putra Naufal Rizkullah Nurhaqim dan seorang putri Salsabila Irbah Nurazizah, pria ini pernah dipercaya menjadi Pembantu Dekan III Fisip Unpad dalam beberapa dekade. Seperti dikutip dari blognya, pria kelahiran Garut 04 Februari 1968 ini memiliki motto "menjadi orang yang bermanfaat".
 
Aktivitas akademik yang dilakoninya adalah melakukan riset dan kajian. Pada tahun 2007 misalnya, antara lain Manajemen kolaborasi resolusi konflik (studi kasus tentang perkelahian antar warga di daerah perkotaan), Analisis kebutuhan diklat bagi pegawai, Studi kelayakan dan master plan rumah sakit khusus ibu dan anak, Dampak migrasi internasional tenaga kerja wanita terhadap kesejahteraan masyarakat dll. 
 
 
Ia menyebutkan, sangat berminat minat dalam menggeluti keilmuan kesejahteraan sosial, konflik dan resolusi konflik serta manajemen pelayanan sosial. Pria yang cukup supel ini pun ternyata sangat menyukai genre film berjenis  komedi, humaniora, serta scientific. Untuk urusan musik yang disukai, yakni slow rock, pop, sunda. dan buku favorit yang disenanginya adalah konflik dan resolusi konflik, kesejahteraan dan pekerjaan sosial, manajemen dan leadership, serta sosiologi.
 
 
Kepada Cepi Juniar Djatnika (Pemred CikalNews.com) dan Wa Ode Ratna Djuwita (Redaktur) dalam acara Ngopi Sore, serta reporter CikalNews.com Cah Yati, Soni pun menyampaikan berbagai hal seputar bagaimana persiapan menghadapi SBMPTN, yang akan segera digelar Selasa 9 Juni 2015 mendatang. Berikut wawancara dengan CikalNews.com.
 
CikalNews : SBMPTN akan segera digelar Pak, sebetulnya apa perbedaan SBMPTN tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya?
 
Soni : Sebetulnya secara prinsip tidak ada yang berbeda, namun yang berbeda adalah teknisnya seperti, pertama alur pendaftaran tahun sebelumnya dimulai dengan pendaftaran lengkap secara online melalui website SBMPTN, baru pembayaran. Sedangkan sekarang dengan mengisi data kemudian akan memperoleh KAP, PIN dan Slip Pembayaran dan dilanjutkan dengan pembayaran, baru kemudian mendaftar secara lengkap di website SBMPTN. Dulu hanya satu bank mitra, sekarang ada dua bank mitra SBMPTN, dan terakhir yang terbaru tahun ini adalah hadirnya Panlok SBMPTN lokal Tasikmalaya.
 
 
CN : Apakah dalam proses pendaftaran SBMPTN ini lebih sulit dengan sistem online?
 
Soni : Setiap tahun kami terus melakukan evaluasi untuk mempermudah pendaftaran SBMPTN. Apalagi ini merupakan cara lain masyarakat Indonesia bisa masuk ke PTN negeri. Menurut saya justru saat ini cukup mudah dengan sistem online, bahkan peserta dari luar Pulau Jawa sekalipun, tak perlu datang ke Jawa jika memilih PTN di Jawa. Mereka cukup melakukan pendaftaran dan ujian di daerah masing-masing. Untuk peserta tidak mampu pemerintah setiap tahun selalu memberikan fasilitas khusus Bisik Misi, dan sudah dua tahun ini pemerintah mensubsidi pendaftaran SBMPTN menjadi hanya Rp 100 ribu, dan bisa memilih di tiga kelompok SBMPTN yang disediakan. Nah sangat mudah kan?
 
CN : Sebetulnya dari sejak kapan jadwal penyelenggaraan SBMPTN 2015 ini dimulai?
 
 
Soni : Pendaftaran SBMPTN kami buka sejak 11 Mei hingga 29 Mei. Bahkan untuk memberikan pelayanan optimal pada hari terakhir pendaftaran kami memperpanjang waktu pendaftaran menjadi tanggal 30 Mei 2015, karena masih adanya peserta yang belum berhasil mendaftar secara online. Sedangkan untuk pelaksanaan SBMPTN sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2015. Sedangkan tanggal 10-11 Juni 2015 yakni pelaksanaan Ujian Keterampilan dan pada 9 Juni mendatang peserta sudah bisa mendaftarkan hasil pengumuman SBMPTN lulus tidaknya.
 
CN : Hingga pendaftaran terakhir sebetulnya berapa persisnya jumlah peserta Panlok Bandung yang akan berebut kursi di PTN?
 
Soni : Jumlah peserta yang akan mengikuti SBMPTN untuk tahun ini yakni mencapai 43.887 perserta khususnya yang terdaftar di Panlok Bandung dan Panlok Tasikmalaya. Di Panlok Bandung sendiri ada 41.887 peserta dan Tasik sebanyak 2.000 peserta.
 
 
CN : Kalau melihat jumlah peserta yang cukup membludak, apakah ada targetan dari panitia pusat untuk pendaftar SBMPTN tahun ini?
 
Soni : Panitia pusat SBMPTN 2015 sebetulnya menargetkan sebanyak 764.185 peserta. Target tersebut meninbgkat sebanyak 15 persen jika dibandingkan dengan SBMPTN 2014 lalu yang jumlahnya mencapai 664.509 peserta.
 
CN : Kalau mengikuti pemberitaan banyak peserta yang fotonya tidak ada atau hilang, bahkan jumlahnya hingga ratusan. Sebetulnya apa permasalahannya bisa sampai begitu pak?
 

Soni : Sebetulnya permasalahannya dikarenakan seringnya foto tidak sesuai dengan yang sudahditentukan. Padahal ini sangat krusial karena jika foto tidak sesuai, maka peserta tidak diperbolehkan mengikuti ujian. Tapi kami tidak akan membiarkannya karena kami terus membuka informasi melalui telp, mail dan lainnya selama 24 jam jika ternyata peserta kesulitan dalam mengupload foto mereka.

 
CN : Sebetulnya jumlah kursi yang dialokasikan oleh Panlok Bandung untuk SBMPTN 2015 ini berapa?
 
Soni : Untuk Panlok Bandung mengalokasikan 40.000 kursi dengan pembagian 38.000 kursi di Sub Panlok Bandung dan 2.000 kursi di Tasikmalaya. Jumlah itu adalah jumlah kursi ujian yang disiapkan bagi peserta SBMPTN, sedangkan daya tampung adalah jumlah kursi yang disediakan oleh PTN-nya masing-masing.
 
CN : Kalau boleh tahu Pak Soni, berapa sebetulnya daya tampung dari SBMPTN ini untuk setiap PTN Panlok Bandung?
 
Soni : Tentu saja ini adalah informasi cukup penting bagi para peserta, sehingga mereka bisa memetakan bagaimana peluangnya untuk kemungkinan bisa masuk. Pertama untuk ITB daya tampung SBMPTN adalah 1.502, sedangkan Unpad sebear 2.979, untuk UPI yakni 2.175 serta Unsil yakni 2.304.
 
CN : Tahun ini ada yang menarik, yakni dibentuknya Panlok Tasikmalaya secara khusus. Sebetulnya kenapa panitia pusat akhirnya membuka Panlok di sana?
 
Soni : Panitia lokal Bandung untuk SBMPTN 2015 terdiri atas 4 perguruan tinggi negeri di Jawa Barat yakni ITB, Unpad, UPI dan Unsil Tasikmalaya. Dibentuknya Sub Panlok Tasikmalaya pun bersamaan dengan perubahan status Unsil dari PTS menjadi PTN.
 
CN : Apakah SBMPTN ini memberikan fasilitas khusus bagi para difabel?
 
Soni : Panitia menyiapkan fasilitas bagi peserta difabel yang ikut dalam ujian. Fasilitas khusus peserta difabel yang disediakan, berupa pendamping dan ruangan ujian khusus di ITB ketika ujian nanti berlangsung.
 
CN : Sebagaimana diketahui setiap pelaksanaan SBMPTN sangat rawan terhadap perjokian, adakah antisipasi khusus dari panitia untuk menangani masalah tersebut?
 
Soni : Panitia SBMPTN sudah sangat berpengalaman dalam pendeteksian praktik perjokian di SBMPTN, dan sepertinya setiap tahun permasalahannya semakin sulit. Namun memang kami tetap mewaspadainya dalam menangani masalah itu. Salah satu pendeteksi paling kuat yakni upload foto melalui web sehingga akan sulit dimanipulasi.
 
CN : Pertanyaan terakhir pak Soni, apa saja yang harus diperhatikan bagi para peserta SBMPTN nanti ketika akan melsksanakan ujian?
 
Soni : Ada beberapa yang bisa dipersiapkan atau disebut tips bagi peserta. Pertama ikuti aturan Pas Foto SBMPTN, dua, jangan Percaya Sembarang Orang, ketiga  Jangan Tunda Print Kartu Ujian. Lalu Cek Lokasi Ujian sehari sebelum pelaksananaan, lalu bawa perlengkapan secukupnya, dan nomor serta informasi tentang panitia jangan sampai lupa.
 
CN : Informasi dari bapak semoga membuat para pengunjung/pembaca CikalNews, sehingga mereka merasa cukup  puas tentang penjelasan dan berbagai hal seputar pelaksanaan SBMPTN. Semoga ke depan Pak Soni berkenan hadir kembali untuk memberikan informasi seputar SBMPTN dan juga Unpad.
 
Soni : Dengan senang hati, dan semoga informasi yang diberikan cukup bermanfaat bagi pembaca CikalNews.com. Terima kasih. (Cah Yati/Ode/Jr.)**
 
 
 
 

BIOGRAFI:

Nama Lengkap   : Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos., M.Si
Tempat dan Tanggal Lahir :  Garut, 04 Februari 1968
Agama        : Islam
Pekerjaan     : Dosen Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Unpad, Kepala UPT Humas Unpad,   
  : Humas Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Lokal Bandung
Alamat Kantor      : Unpad Jl. Raya Bandung- Sumedang Km. 21  Jatinangor, Tlp. (022)  7796416 / Fax. (022) 7796974
Alamat Rumah   : Kompleks Borromeus-ST Yusup Blok C No 40 Cinunuk Bandung 30373, (022) 7830162 / HP. O81322312268
Email     : soninulhaqim@unpad.ac.id dan  soninulhaqim@yahoo.com
Status Keluarga  : Menikah
Isteri      : Tina Rostinawati, S.Si.,Apt.,M.Si.
Anak   : Naufal Rizkullah Nurhaqim dan Salsabila Irbah Nurazizah
Orangtua  : H. Mudin Kusnidar HW dan Hj. Tien Kartini
Mertua     : H. Sadjili dan Hj. Hermawati
 
.

Categories:KopiSore,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait