Unpad Buka Registrasi Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

Unpad Buka Registrasi Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

Salah satu mahasiswa menunjukan kartu mahasiswa usai melakukan registrasi Unpad jalur SNMPTN. Foto: dok/unpad

Bandung -  Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung sudah membuka registrasi administratif, untuk mahasiswa baru Unpad jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015. Pendaftaran dilakukan mulai Senin (9/10/2015) sampai dengan Rabu (10/6/2015) hari ini. 
 
Ditemui di sela kegiatan registrasi, Kepala Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. H. Isis Ikhwansyah, SH.,MH.,CN, mengatakan, sebelum melakukan registrasi para calon mahasiswa baru telah melalui rangkaian pra-registrasi.
 
"Pra-registrasi adalah pengiriman berkas fotokopi legalisir rapor calon mahasiswa baru, kemudian diverifikasi oleh tim verifikasi Unpad untuk melihat kesesuaian nilai rapor asli dengan nilai rapor yang diunggah ketika peserta mendaftar SNMPTN,” paparnya, di Bandung, Rabu (10/6/2015).
 
Menurutnya, dari hasil verifikasi diketahui setidaknya ada beberapa peserta mengalami ketidakcocokan data. Bahkan, ada peserta yang ketidakcocokan datanya sangat ekstrem, hingga berbeda 10 angka dari nilai yang sebenarnya.  "Ini kan akan berdampak. Apalagi misalnya untuk program studi yang memiliki tingkat keketatan yang sangat tinggi,” ujar Dr. Isis.
 
Dengan demikian, peserta yang memiliki ketidakcocokan data tersebut akan dikaji ulang status kelulusannya sebagai mahasiswa Unpad.  "Saat ini belum dieksekusi, kita pun sedang mengkaji. Mungkin besok bisa diputuskan,” ungkapnya.
 
Lebih lanjut Dr. Isis menjelaskan, registrasi mahasiswa baru terdiri atas dua, yaitu registrasi finansial dan administratif. Registrasi finansial dilakukan sebelum peserta melakukan registrasi administratif, yakni pada 3-8 Juni 2015 lalu, dengan  membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besarannya sesuai dengan yang telah ditentukan.
 
 
Adapun berkas yang harus dibawa calon mahasiswa untuk registrasi administratif, di antaranya bukti pembayaran di bank, kartu peserta SNMPTN, fotokopi ijazah legalisir, fotokopi akta kelahiran, fotokopi rapor, surat pernyataan tidak ikut SBMPTN, surat keterangan sehat, serta formulir pengisian biodata mahasiswa dan orangtua. (Jr.)**
 
 
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,