Ribuan Relawan Jokowi Bakal Hadiri Prosesi "Midodareni"

Ribuan Relawan Jokowi Bakal Hadiri Prosesi

Ribuan Relawan Jokowi Bakal Hadiri Prosesi "Midodareni"

Solo  - Ribuan relawan Jokowi dari berbagai elemen saat ini telah hadir di Solo untuk bersiap mengikuti prosesi acara malam midodareni pernikahan Selvi Ananda dengan putra Presiden RI Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Rabu (10/6/2016) malam. 

"Relawan Jokowi dari berbagai elemen sudah hadir di asrama haji Solo, jumlahnya ribuan dan semakin lama semakin banyak, terutama dari Jawa Tengah semua berkumpul untuk menyaksikan acara midodareni Selvi-Gibran," kata Ketua Presidium Koalisi Relawan Jokowi, Reinhard Parapat dihubungi di Solo, Rabu (10/6). 

Reinhard mengatakan awalnya pihaknya memperkirakan jumlah relawan Jokowi yang datang ke Solo berjumlah 2.000 orang, namun kenyataannya yang datang diperkirakan melebihi jumlah tersebut.

"Yang datang diperkirakan sudah lebih dari 2.000 orang, membludak," kata Reinhard.

Menurut Reinhard relawan dipastikan akan berusaha ikut membantu menyukseskan pernikahan Selvi dengan Gibran. Misalnya dengan membentuk tim yang akan membantu pengamanan lokasi acara pernikahan.

"Kita juga akan membantu administrasi teman-teman relawan agar tertib dalam acara," ujar dia.

Dia mengatakan meskipun relawan akan memadati acara midodareni, namun khusus acara resepsi yang akan berlangsung Kamis (11/6) di Graha Saba Buana, Solo, para relawan akan hadir berdasarkan perwakilan saja agar tidak mengganggu ketertiban acar resepsi pernikahan Selvi-Gibran.

Sebelumnya Reinhard mengatakan bahwa kedatangan relawan Jokowi ke Solo dengan menggunakan dana pribadi. Relawan berdatangan ke Solo secara bertahap dari berbagai penjuru. 

Sementara itu prosesi malam midodareni yang akan dijalani Selvi-Gibran, Rabu malam, meliputi acara nyantrik yakni untuk memastikan calon pengantin laki-laki akan hadir dalam akad nikah dan sebagai bukti keluarga calon pengantin perempuan benar-benar siap melakukan prosesi pernikahan di hari berikutnya. 

Inti prosesi midodareni ini adalah serah-serahan berupa hantaran dari keluarga pengantin putra ke pengantin putri, perkenalan antarkedua keluarga besar dan nasehat dari orang tua pengantin putri kepada calon menantu yang biasa disebut Sabdo Tomo.

Acara akan dilanjutkan dengan rangkaian penyerahan kancing gelung atau busana pengantin putra yang akan digunakan keesokan harinya dan angsul-angsul atau buah tangan dari keluarga mempelai putri kepada keluarga mempelai pria.(Ode)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,