Berfoto Bugil di Gunung Kinabalu, 4 Wisatawan Ditahan

Berfoto Bugil di Gunung Kinabalu, 4 Wisatawan Ditahan

Kuala Lumpur - Sedikitnya empat wisatawan (turis) asing yang diduga berfoto bugil di puncak Gunung Kinabalu, kini ditahan Polisi Diraja Malaysia. Wakil Menteri Besar Negara Bagian Sabah, Tan Sri Joseph Pairin Kitingan meyakini, gempa yang melanda kawasan ini beberapa waktu lalu, disebabkan foto tak senonoh yang diambil di gunung 'keramat' itu.

 

"Mereka yang ditahan terebut terdiri atas dua orang saudara laki-laki asal Kanada, wanita asal Belanda, dan seoang lagi wanita asal Inggris," kata Kepala Kepolisian Sabah Jalauddin Abdul Rahman,  Rabu (10/6/2015).


Sejauh ini, Jalauddin enggan membocorkan identitas dari turis asing itu. Pihaknya terus mencari sisa turis asing lainnya, yang berfoto bugil di gunung keramat itu. Wanita asal Inggris tersebut ditangkap aparat di Bandara Tawau, sebelum meninggalkan Kuala Lumpur. Sementara, tiga turis asing lainnya menyerahkan diri pada Selasa malam, waktu setempat.

 

Keempatnya akan ditahan selama 4 hari karena tindakan tak senonoh. Pada saat bersamaan, kasus ini terus diinvestigasi oleh pihak berwajib. Para turis asing itu terancam 3 bulan penjara atau denda, bila terbukti bersalah. 

 

Disebutkan, aksi mengabadikan momen tanpa busana alias bugil itu bukan yang pertama terjadi. Otoritas Kamboja pernah mendeportasi dua turis asal Amerika Serikat, karena melakukan hal serupa di situs arkeologi Angkor. Situs itu sebagai salah satu tempat bersejarah pagi penduduk Kamboja.

 

Di Peru misalnya, setidaknya delapan wisatawan telah ditahan dalam 3 insiden terpisah. Alasan penahanan karena aparat berwajib menangkap basah para turis telanjang dan berpose untuk foto di Machu Picchu, benteng Suku Inca. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,