Ratusan Buruh di Depok Desak Tanggung Jawab Perusahaan

Ratusan Buruh di Depok Desak Tanggung Jawab Perusahaan

Ratusan buruh di Depok berunjuk rasa di depan PT Woody Ariesta, Simpangan, Jalan Raya Bogor, Depok. (Marieska/Okezone)

Depok - Ratusan buruh PT Woody Ariesta, Simpangan, Jalan Raya Bogor, Depok menggelar unjuk rasa,  menuntut perusahaan untuk menaati aturan tentang ketenagakerjaan. Aksi unjuk rasa tersebut terdiri atas enam elemen buruh, yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan SP KEP Kota Depok.
 
Dalam aksinya, para buruh tersebut mendesak tanggung jawab perusahaan, yang telah memberhentikan atau melakukan PHK karyawan secara sepihak. Buruh juga membela hak-hak karyawan yang belum dibayarkan oleh perusahaan.
 
Selain di PT Woody Arista, para buruh kemudian bergerak menuju perusahaan di Sawangan hingga PT Tripel Ace di Cimanggis. Mereka berkonvoi dengan menggunakan sepeda motor dan truk hingga membuat arus lalu lintas padat.
 
"Kawan-kawan buruh Depok mengingatkan perusahaan membayar upah sesuai UMK. Mereka juga mengingatkan perusahaan di Depok tidak langgar aturan yang sudah digariskan. Investasi boleh di sini tapi harus mematuhi aturan," tegas Koordinator Aksi, Wido Pratikno, Kamis (11/6/2015).
 
Menurut Wido, perjanjian kerja kontrak dan outsourcing yang dilakukan perusahaan harus sesuai aturan. Sementara di PT Woody Arista,  banyak pegawai yang sudah bekerja bertahun-tahun tapi statusnya tidak jelas.
 
"Sebagian besar sudah bekerja antara 5-6 tahun tapisejauh ini enggak jelas statusnya. Berdasarkan UU harusnya mereka segera diangkat jadi karyawan tetap, tetapi sampai kini tak punya kepastian kerja. Kurang lebih ada 800-1.000 pegawai yang belum diangkat," tuturnya.
 
Sementara itu, Kapolsek Sukmajaya Depok, Kompol Agus Widodo memastikan unjuk rasa berjalan kondusif. Meski konvoi yang dilakukan membuat arus lalu lintas padat dari Jalan Raya Bogor menuju Jalan Tole Iskandar dan Jalan Raya Sawangan, polisi tak melakukan rekayasa lalu lintas. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,