Pertamina Operasikan Empat SPBU di Tol Cikopo-Palimanan

Pertamina Operasikan Empat SPBU di Tol Cikopo-Palimanan

Kalijati - PT Pertamina (Persero) mengoperasikan empat stasiun pengisian bahan bakar umum di lokasi area peristirahatan jalur tol Cikopo-Palimanan dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna jalan tersebut.

"Tol Cipali ini akan menjadi jalur penting bagi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Sehingga keberadaan SPBU sangat penting bagi pengendara mobil untuk mengisi bahan bakar," kata Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina Ahmad Bambang kepada pers, di Kalijati, Subang, Jawa Barat, Sabtu (13/6/2015) 

 
Hal tersebut disampaikan usai Ahmad Bambang meresmikan beroperasinya empat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di jalan tol baru Cikopo-Palimanan (Cipali).

Hadir dalam acara itu antara lain Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Mochgiyarto dan Kakorlantas Irjen Polisi Condro Kirono.

Dikatakan, keempat unit SPBU tersebut masing-masing terletak di tempat istirahat kilometer 102 dan kilometer 166 untuk arah Palimanan, dan tempat istirahat kilometer 101 dan kilometer 164 untuk arah Cikopo.

Pengoperasian SPBU, katanya, akan dilakukan secara bertahap, dimulai di SPBU tempat istirahat 102.

Selanjutnya SPBU kilometer 101 beroperasi pada 22 Juni 2015, kilometer 166 pada 30 Juni5, dan terakhir kilometer 164 pada 7 Juli.

"Dengan demikian seluruh SPBU di tol tersebut akan beroperasi sebelum arus mudik-balik sebelum Lebaran," katanya.

Dalam mengoperasikan keempat SPBU tersebut, katanya, Pertamina bekerja sama dengan pengelola masing-masing tempat istirahat.

Dikatakan, kapasitas penyimpanan berbagai jenis BBM cukup besar sehingga bisa memberikan ketersediaan bahan bakar cukup.

Untuk SPBU di kilometer 102 arah Palimanan dan kilometer 101 arah Cikampek, masing-masing SPBU dilengkapi dengan delapan tangki BBM yang terdiri atas Pertamax (2x20 kilo liter/kl), Pertamina Dex (1x20 kl), Premium (2x30 kl), dan Solar (2x30 kl) dan 1x45 (kl).

Sementara SPBU di kilometer 166 arah Palimanan dan kilometer 164 arah Cikampek masing-masing SPBU dilengkapi dengan delapan tangki BBM yang terdiri atas Pertamax (1x30 kl dan 1x20 kl), Pertamina Dex (1x20 kl), Premium (2x30 kl), dan Solar (3x30 kl).

Dikatakan, di seluruh tempat istirahat tersebut juga disediakan masjid, pengisian angin untuk ban, restoran, dan toko mini market. (AY)
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,