Distan KP dan BPOM Sidak Harga di Pasar

Distan KP dan BPOM Sidak Harga di Pasar

Distan KP dan BPOM Sidak Harga di Pasar

Bandung - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP)  bersama Industri Perdagangan dan BPOM, melakukan Operasi Pasar Murah (OPM) ke Astana Anyar dan pasar modern. Tujuan sidak kali ini adalah untuk memonitoring harga pangan jelang Ramadan, ketersediaan stok dan tak kalah penting mutu. Selain itu disidak pula apakah ada penggunaan bahan kimia berbahaya apa tidak.
 
OPM dikoordinir oleh PD Pasar Bandung Bermartabat. Ada enam operasi lokasi pasar yang disidak yaitu Kiacondong, Astana Anyar, Sederhana, Cihaurgelis, Ujungberung dan Pasar Palasari.  Ada tiga komoditas yang di-OP kan yaitu beras Rp 8.200 per kilogram sebanyak lima ton, gula putih Rp 10.900 satu ton, dan bawang merah Rp 17 ribu per kilogram dengan jumlah dua kuintal.


"Alhamdulillah di Astana Anyar harga daging sapi dalam kondisi stabil sampai hari ini di kisarana Rp 90-95 ribu. Ayam ada peningkatan Rp 4 ribu per kilogram dalam seminggu terakhir. Tetapi ini masih wajar untuk daging ayam di kisaran Rp 32 ribu per kilogram," ujar Kepala Distan KP Elly Wasliah.

Elly juga menyebutkan untuk beras juga tidak ada peningkatan harga, ikan dan  telur naik Rp 1000. Sedangkan untuk komoditas lainnya stabil. Ini menunjukkan komoditas pangan menjelang. Ramadan di sejumlah pasar tradisional relatif stabil.

Elly memastikan semua pangan segar yang dijual dalam kondisi aman dari zat kimia berbahaya. Di pasar modern kualitas mutu dalam kondisi aman, dan apel impor dan lokal juga ikut diperiksa aman.

"Harga di sini ada yang mahal dan murah dibanding pasar tradisional. Daging sapi Rp 82,5 per kilogram, ayam Rp 30 ribu per kilogram. Di sini lebih murah. Untuk bawang lebih mahal Rp 55 ribu per kilogram, di pasar tradisional Rp 30 ribu," ujarnya 

Elly juga menyebutkan, setelah di-launching pak presiden hari ini di Bulog Cimindi, truk-truk langsung menuju lokasi enam pasar secara serentak. "Karena memang sekarang yang agak bergejolak bawang merah. Sedangkan beras memang stabil tetapi diusahakan tidak ada gejolak harga. Informasi baru hari ini saja," ungkapnya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,