Emil Siapkan Perda Menuju Bandung Kota HAM

Emil Siapkan Perda Menuju Bandung Kota HAM

Bandung - Bandung yang dicanangkan sebagai Kota Ramah Hak Asasi Manusia (HAM), kini tengah mempersiapkan Peraturan Daerah (Perda) HAM. Terkait hal itu Komnas HAM datang ke Balaikota, untuk membahas lebih lanjut mengenai Perda yang akan dibentuk. 
 
Anggota Komnas HAM, M Imdadun Rahmat menuturkan, pihaknya mendukung akan inisiatif ini. "Kami mendapat penjelasan upaya terobosan atas inisiatif Kota Bandung (menuju Kota HAM). Antara lain bagaimana rencana Pemkot membuat kesepakatan dalam Perda terkait perlindungan HAM," ujar Imdadun usai pertemuan dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil di Bandung Comand Centre, Jalan Wastukancana, Senin (15/6/2015) petang.

Komnas HAM menilai, rencana Ridwan Kamil untuk menjadikan Bandung sebagai Kota HAM, merupakan hal baru dan jarang dicetuskan oleh daerah-daerah di Indonesia. "Ini luar biasa, karena tidak banyak daerah yang memfokuskan HAM. Pemkot Bandung juga mengembangkan kultur HAM yang dibingkai dalam perda. Jadi Komnas HAM turut serta  dalam konteks merumuskan perda," tuturnya.

Ridwan Kamil menyatakan, Perda HAM ini akan berisi hak-hak mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. "Kami butuh banyak pihak untuk merumuskan perda ini. Sekarang lagi dikaji oleh Unpad didukung Komnas HAM, jadi nanti jangkauannya enggak hanya lokalitas Bandung tapi nasional, sehingga bisa diadaptasi oleh daerah lain," ujar pria yang akrab disapa Emil.

Meski Perda ini belum merumuskan poin-poin pentingnya, tetapi Emil mengharapkan dengan adanya Perda HAM nanti Pemkot Bandung bisa melindungi warganya akan HAM. "Nanti akan kita kumpulkan mulai dari anak kecil keinginannya seperti apa, kan keinginan orang dewasa dan anak-anak berbeda. Jangan-jangan selama ini keinginan anak banyak ditekan oleh orangtua," paparnya. 
 
Bandung sebagai Kota Ramah HAM akan dicetuskan pada bulan Desember, di mana pada bulan itu juga diperingati HAM internasional. Menurut Komnas HAM ini adalah hal yang tepat. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,