50 Persen Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air

50 Persen Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air

50 Persen Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air

Mekah - Sebanyak 50 persen haji reguler Indonesia sudah pulang ke Tanah Air dari Arab Saudi sesuai data yang dilansir Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag hingga Kamis (23/10/2014) pukul 16.38 WIB.

Data Siskohat mencatat sebanyak 79.590 anggota jemaah haji Indonesia sudah berangkat dari Arab Saudi dari 154.467 anggota jemaah haji yang tiba, atau sebesar 51,52 persen yang sudah pulang.

Dari 79.590 yang sudah diberangkatkan ke Tanah Air, sebanyak 76.791 anggota dari jemaah haji tercatat sudah tiba di Indonesia dan 2.799 anggota dari jemaah haji masih dalam perjalanan menuju Indonesia. Jarak Arab Saudi ke Indonesia sekitar 9-10 jam.

Saat ini, jemaah haji Indonesia dipulangkan dari Bandara Jeddah dan Madinah. Jemaah haji yang berada di Mekah dipulangkan melalui Jeddah. Sementara jamaah haji yang berada di Madinah dipulangkan melalui Bandara Jeddah dan Bandara Madinah.

Jemaah haji gelombang pertama yang kini berada di Mekah sudah pulang sejak 9 Oktober, sedangkan jemaah haji gelombang kedua yang kini berada di Madinah baru pulang ke Tanah Air sejak Rabu (22/10/2014).

Jemaah haji gelombang pertama diberangkatkan ke Madinah dahulu dan baru kemudian ke Mekah, sementara jemaah gelombanga kedua di berangkatkan ke Mekah dulu dan baru kemudian ke Madinah. Namun sebelum melaksanakan wukuf di Padang Arafah, jemaah haji berkumpul di Mekah.

Hingga Rabu malam, pukul 20.00 Waktu Arab Saudi, dari 154.467 anggota dari jemaah haji yang pernah berada di Mekah saat ibadah haji (sejak sebelum wukuf), sebanyak 133.349 orang dari anggota jemaah haji sudah meninggalkan Mekah, baik pulang ke Tanah Air maupun menuju Madinah. Artinya, tinggal 13,67 persen dari seluruh haji Indonesia yang berada di Mekah.

Sejak Rabu  itu, jemaah gelombang pertama sudah tidak ada lagi yang berada di Mekah karena sudah pulang ke Tanah Air, sehingga yang tinggal di Mekah adalah jemaah haji gelombang kedua. Seluruh anggota dari jemaah haji gelombang kedua meninggalkan Mekah pada 27 Oktober. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:haji,