Tak Berpenghuni, 162 Kios Pasar Klewer Bakal Disegel

Tak Berpenghuni, 162 Kios Pasar Klewer Bakal Disegel

Solo - Sebanyak 162 kios di pasar darurat untuk pedagang Pasar Klewer yang berada di Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta terancam disegel, karena hingga kini belum digunakan untuk berjualan oleh para pedagang.

"Kami sudah menyerahkan 1.253 kunci kios di pasar darurat. Tapi dari hitungan kami saat pengecekan tadi, ada 162 kios yang masih tutup. Kami berikan peringatan selama tiga hari ini. Kalau tidak ada kegiatan akan kami segel dan kami gembok," kata Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Pemkot Surakarta Subagiyo di Solo, Selasa (23/6/2015).

Subagiyo menambahkan sebanyak 162 kios tersebut akan terus dipantau. Meski belum ada kegiatan jual beli, pihaknya berharap pemegang SHP melakukan aktivitas di sana.

"Belum berjualan tidak masalah, silakan saja kalau mau berbenah dulu, pasang keramik atau membenahi yang lain," katanya.

Ia berharap dalam tiga hari kedepan semua pedagang sudah masuk ke pasar darurat di Alun-alun Utara Keraton Surakarta. Ia menambahkan pada hari ini juga telah menertibkan pedagang liar di lima titik di Alun-alun utara.

"Semua pedagang harus masuk ke pasar darurat. Semua shelter di luar pasar darurat sudah dibongkar. Kami tegaskan, tidak boleh ada yang jualan di luar pasar darurat," katanya.

Sementara itu sebanyak 16 mobil milik pedagang yang berjualan di taman parkir Masjid Agung Surakarta yang letaknya bersebelahan dengan Alun-Alun Utara Keraton Kasunan Surakarta digembok petugas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Surakarta, Senin (22/6).

"Kawasan Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta dilarang untuk dijadikan lokasi berjualan bagi pedagang bermobil. Baik di area pasar darurat, taman parkir, maupun ruas jalan di sekitar alun-alun," jelas Kepala Dishubkominfo, Yosca Herman Soedradjad.

Menurutnya, penggembokan itu dilakukan guna memperlancar arus lalu lintas di kawasan alun-alun, pascaoperasional pasar darurat.

"Sesuai keputusan pemkot, seluruh taman parkir di kawasan alun-alun kembali digunakan sebagai lokasi parkir mulai kemarin, setelah sebelumnya digunakan sebagai lokasi berjualan bagi pedagang," katanya.(AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,