Rusunawa di Bandung Butuh Banyak Pemeliharaan

Rusunawa di Bandung Butuh Banyak Pemeliharaan

Bandung - Saat ini Rumah susun sewa (Rusunawa) yang ada di Kota Bandung sudah terdapat di tiga lokasi, yaitu Cingised dengan 5 tower rusunawa, Rancacili  dengan 3 tower rusunawa, dan Sadang Serang dengan 1 tower rusunawa.
 
Lena Yulianti Mentari selaku Kepala UPT Rusunawa Kota Bandung mengungkapkan, bahwa untuk rusunawa daerah Cingised saat ini sudah full. Sedangkan untuk daerah Sadang Serang sudah dihuni 99 orang dan Rancacili 196 hunian.
 
"Saat ini baru daerah Cingised saja yang terpelihara, sedangkan daerah Sadang Serang dan Rancacili masih belum lengkap fasilitasnya,  lebih ke sarana prasarana paling taman, pemagaran, dan genteng dibenerin," ujar Lena di Balaikota, Jalan Wastukancana. Selasa (23/6/2015)
 
Untuk daerah Rancacili yang berada di Derwati, Kecamatan Rancasari, rusunawa tersebut akan segera dihuni seluruhnya karena dari 3 tower baru 1 tower yang sudah dihuni. Sedangkan dua tower yang kini kosong diperuntukkan untuk relokasi warga Kiaracondong sebanyak 156 hunian ditargetkan bisa masuk setelah Idulfitri.
 
Saat ini sudah ada sekitar 3.000 orang yang mendaftar untuk tinggal di rusunawa yang ada di Bandung. Kapasitas antara pendaftar dan jumlah kamar memang tidak memenuhi.
 
"Untuk itu jangka waktu menempati rusunawa secara keseluruhan ada aturannya yaitu 3 tahun, saat ini sedang dikaji dan dievaluasi, kalau ada peningkatan ekonominya silahkan pindah," jelasnya.
 
 
Rusunawa adalah bangunan yang dibiayai oleh pemerintah dan dibayar menggunakan APBN dan seharusnya ada biaya pemeliharaan. Belum dihuninya dua tower Rusunawa Rancacili karena belum diserahterimakan dari pemerintah pusat dan belum ada listrik..
 
 "Bulan ini pemasangan listrik sambil menunggu serah terima dan surat layak huni, Selain itu juga Rancacili belum ada fasilitas seperti  puskesmas, masjid, meski sudah direncanakan," ujar Lena. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:,