Dewan Minta Perhatikan Jalur Alternatif Mudik

Dewan Minta Perhatikan Jalur Alternatif Mudik

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menyatakan keberadaan jalur alternatif mudik di Jawa Barat perlu juga diperhatikan oleh organisasi perangkat daerah terkait seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Bina Marga Jabar.

"Tadi saat rapat, kapasitas saya selaku wakil rakyat menyampaikan bahwa tidak hanya Jalur Utara, Selatan dan Tengah Jabar saja yang diperhatikan. Tapi juga jalur alternatif mudik di Jabar harus juga diperhatikan," kata Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Rabu (24/6/2015).

Ditemui usai Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lodaya 2015, di Aula Mapolda Jawa Barat, Ine menyontohkan salah satu jalur alternatif yang harus diperhatikan adalah Jalan Cijapati yang menjadi jalur alternatif di Jalur Selatan Jabar.

"Kami berharap dengan diperhatikannya keberadaan jalur alternatif mudik ini akan membuat pemudik nyaman dan terhindari dari bahaya, karena biasanya fasilitas di jalur alternatif ini tidak memadai seperti penerangan atau kondisi jalannya," kata dia.

Ia juga telah berkoordinasi dengan Komisi IV DPRD Jawa Barat untuk terus memantau seluruh jalur mudik dan balik Lebaran 2015 di Provinsi Jawa Barat seperti Jalan Tol Cipali.

"Teman-teman di Komisi IV sudah jauh-jauh hari sebelumnya telah meninjau Tol Cipali dan jalur mudik lainnya. Jadi sudah kita sampaikan ke OPD terkait kekurangannya apa saja di sana," kata dia.

Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat ini mengimbau agar pemudik lebih berhati-hati saat melintasi Jalan Tol Cipali karena berdasarkan catatan Polda Jawa Barat sudah ada 30 kecelakan lalu lintas terjadi di sana.

"Mungkin karena jalannya lurus dan mulus menyebabkan 'nafsu' untuk berkendara dengan kecepatan cepat menjadi terpacu di sana. Sehingga saya berpesan untuk lebih berhati-hati," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,