Hari Pertama PPDB Membludak, Ortu Takut Kuota Habis

Hari Pertama PPDB Membludak, Ortu Takut Kuota Habis

Bandung- Salah satu orang tua Aris yang akan menyekolahkan anaknya ke tingkat Sekolah Menengah Pertama mengaku kaget ketika hari pertama pendaftaran Peserta Didik Baru(PPDB) Kota Bandung jalur akademis sudah membludak.

“Saya tadinya yakin jika hari pertama PPDB ini pendaftar masih sepi, ternyata ketika ke sekolah pendaftarnya sudah banyak. Saya juga jadi khawatir apalagi ada kabar jika jatahnya akan dikurangi oleh Jalur non akademis yang katanya membludak juga,” ujarnya yang akan menyekolahkan ke SMPN 30 Bandung itu.

Kejadian serupa ternyata bukan hanya di SMPNB 30 Bandung, bahkan beberapa sekolah di kluster pertama yang biasanya baru ramai didatangi siswa ketika hari terakhir, justru saat ini sebaliknya. 

“Saya khawatir justru nanti pergerakannya akan cepat jadi saya bisa lihat dulu bagaimana kondisinya,” ujar salah satu orangtua di SMAN 3 Bandung.

 Sementara itu, hal sama terjadi juga di SMAN 5 Kota Bandung, meski pendaftar belum banyak namun orang tua siswa yang datang sudah mulai ramai mengunjungi sekolah. “Saat ini baru sedikit kalau yang mendaftar banyaknya yang masih bertanya tentangpassinggrade dan juga persyaratan serta kemungkinannya,” terangnya.

 Menurutnya, kuota SMAN 5 tahun ini sebanyak 356, jalur nonakadmis kuotanya 89 namun yang terisi hanya 35. Sisanya masuk ke jalur akademis melalui sistem di disdik. Sementara untuk kuota dalam wilayah sebanyak 53 siswa dan luar wilayah 178 siswa, serta luar kota 36 orang.(Ode)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,