22 Dalang se-Jabar Ikuti Kompetisi Pedalangan

22 Dalang se-Jabar Ikuti Kompetisi Pedalangan

22 Dalang se-Jabar Ikuti Kompetisi Pedalangan

Karawang - Sebanyak 22 dalang dari berbagai daerah se-Jawa Barat, akan menampilkan pertunjukkan wayang golek purwa dalam kegiatan "Binojakrama Padalangan" atau Kompetisi Pedalangan tingkat Jawa Barat, di Kabupaten Karawang.

"Kegiatannya akan digelar selama tiga hari, mulai 27 Oktober 2014, digelar di kompleks Kampung Budaya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang, Dadan Sugardan, saat dihubungi di Karawang, Jumat (24/10/2014).

Dia mengatakan, jumlah peserta sebanyak 22 pedalang tersebut merupakan perkiraan Persatuan Pedalangan Indonesia Jabar, sesuai dengan pengalaman pada kegiatan serupa sekitar dua tahun lalu.

Ia menyatakan, kegiatan Binojakrama Padalangan tingkat Jabar itu digelar secara rutin setiap dua tahun sekali. Kegiatan itu diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar serta Persatuan Pedalangan Indonesia Jabar.

Pada tahun ini, Karawang menjadi tuan rumah pada kegiatan tingkat Jawa Barat tersebut, karena dalam kegiatan Binojakrama Padalangan dua tahun lalu, juara diraih pedalang dari Karawang.

Menurut dia, panitia akan berupaya membuat meriah kegiatan tersebut. Sehingga akan digelar pula pameran produksi para pelaku usaha kecil menengah Karawang serta kegiatan lainnya.

Dadan mengaku, hingga kini masih terus mematangkan persiapan-persiapan. Diantaranya memaksimalkan koordinasi ke Persatuan Pedalangan Indonesia Jabar, serta mematangkan lokasi kegiatan, di kompleks Kampung Budaya di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang mengalokasikan anggaran sebesar Rp350 juta untuk memenuhi kegiatan Binojakrama Padalangan. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:jabar,