Pemerintah Iran Akan Eksekusi Mati Jabbari

Pemerintah Iran Akan Eksekusi Mati Jabbari

Reyhaneh Jabbari, dihukum mati karena membunuh calon pemerkosanya. (Foto: Net)

Teheran - Amnesti Internasional meminta pemerintah Iran, untuk menunda pelaksanaan eksekusi hukuman mati terhadap seorang peremppuan bernama Reyhaneh Jabbari, yang akan dilangsungkan pada hari ini.
 
Seperti dilansir Al Jazeera, Sabtu (25/10/2014), Reyhaneh Jabbari divonis hukuman mati dengan cara digantung oleh Pengadilan Iran pada 2009. Dia didakwa karena membunuh Morteza Abdolali Sarbandi, seorang pegawai di lingkungan Kementerian Intelejen Iran.
 
Jabbari terpaksa melakukan pembunuhan, karena Sarbandi berusaha untuk memperkosa dirinya. Namun Pengadilan Iran telah menjatuhkan vonis mati terhadap dirinya. "Penerapan hukuman gantung adalah jauh dari rasa keadilan, ini akan membuat kondisi menjadi lebih tragis.  Jabbari melakukan tindakan untuk membela dirinya," ujar Hassiba Hadj Sahraou, Juru Bicara Amnesti Internasional. 
 
Namjun, hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan dari pemerintah Iran apakah eksekusi jadi dilaksanakan. Tempat dan waktu pelaksanaan eksekusi juga belum diketahui pasti jika  benar-benar dilakukan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,