324 Puskesmas Siaga 24 Jam saat Mudik

 324 Puskesmas Siaga 24 Jam saat Mudik

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Dinas Kesehatan Jawa Barat menyiagakan sebanyak 324 puskesmas selama 24 jam di sepanjang jalur/balik mudik Lebaran 2015/1436 Hijriah di wilayah ini sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik.

"Keberadaan puskesmas ini tersebar mulai dari jalur mudik utara, tengah dan selatan Jawa Barat," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati, di Kota Bandung, Senin (6/7/2015).

Menurut dia, selain menyiagakan puskesmas di sepanjang jalur mudik tersebut, pihaknya juga menyiagakan 72 rumah sakit rujukan daerah di seluruh Jawa Barat.

Alasan pihaknya menyiagakan 72 rumah sakit tersebut selama arus mudik Lebaran tahun ini, kata dia, ialah agar mempermudah pelayanan kesehatan selama arus mudik atau arus balik.

Ia mengatakan, selain rumah sakit tersebut pihaknya juga telah menyiagakan sejumlah kendaraan operasional seperti mobil ambulans untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Tentunya kita siagakan kendaraan jika diperlukan, kemudian puskesmas dan tenaga medis juga kita siagakan selama arus mudik dan balik nanti," ujar dia.

Pada tahun ini, pihaknya juga menyiapkan pos kesehatan terpadu yang dikerjasamakan dengan Kepolisian, TNI, dan Dinas Perhubungan Jawa Barat.

Ia menuturkan, pos kesehatan terpadu tersebut disiapkan di sejumlah jalur mudik seperti di kawasan Jalan Tol Cikopo, Kanci, dan Palimanan.

"Kami siagakan pos kesehatan terpadu sebanyak 203, kita mendukung dari sisi tenaga medisnya kita siagakan ratusan tenaga media," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:kesehatan,