4.294 Pemudik Berangkat dari Terminal Cicaheum

4.294 Pemudik Berangkat dari Terminal Cicaheum

Bandung - Sebanyak 4.294 penumpang berangkat dari Terminal Cicaheum Kota Bandung ke berbagai tujuan kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah pada enam hari menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah, kata Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung A Haris.

"Data rekap kemarin, pada H-6 Lebaran sekitar 4.294 penumpang diberangkatkan oleh 270 bus antar kota antara provinsi (AKAP) dan antara kota dalam provinsi (AKDP) dari Terminal Cicaheum," kata A Haris di Bandung, Minggu (12/7/2015).

Ia mengatakan sejumlah daerah di Jawa Barat yang menjadi tujuan pemudik dari Terminal Cicaheum adalah Tasikmalaya, Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

"Sementara untuk kawasan Jawa Tengah, didominasi oleh pemudik dengan tujuan wilayah seperti Wonogiri, Solo, Yogyakarta dan Semarang," kata dia.

Menurut dia, untuk saat ini atau lima hari jelang lebaran belum terjadi lonjakan penumpang di Terminal Cicaheum Kota Bandung.

"Dari pagi hingga jam 11 siang tadi, sebanyak 38 armada bus AKAP dan AKDP siaga di dalam terminal," kata Haris.

Pihaknya memprediksi puncak arus mudik pengguna kendaraan bus umum di Bandung dipekirakan terjadi tiga hari sebelum Lebaran.

"Jadi ada beberapa even yang masih ditunggu masyarakat diantaranya hasil pengumuman penerimaan anak sekolah," kata dia.

Dikatakannya, biasanya sudah ada warga yang memilih mudik lebih cepat untuk menghindari kemacetan saat mudik tapi sampai sekarang belum terlihat tanda-tanda lonjakan pemudik.

"Momentum pengumuman penerimaan siswa baru di Kota Bandung misalnya dimumumkan tanggal 10 Juli 2015. Jadi kemungkinan mudik setelah itu, makanya kami prediksikan mulai H-3," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,