Kabinet Harapan Berubah Malah Jadi "H2C"

Kabinet Harapan Berubah Malah Jadi

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kanan), Ketua DPR Setya Novanto (keempat kiri) dan para Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (kiri), Agus Hermanto (kedua kiri), dan Fadli Zon (ketiga kiri) memberikan keterangan pers seusai pe

Jakarta - Banyak kalangan memandang beberapa anggota kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri coba-coba. Figur menteri yang dinilai coba-coba antara lain Siti Nurbaya, Rini Soemarno, dan Puan Maharani. "Ini penentuan kabinet harapan publik malah jadi harap-harap cemas (H2C)," kata Aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho, Minggu (26/10/2014).
 
Dia melihat, dikaitkan dengan slogan Kabinet Kerja Jokowi ''kerja..kerja..kerja", akan berubah menjadi "awasi..awasi..awasi". Sebab, program kerja menteri, politik, dan lainnya menjadi kesan coba-coba Jokowi dalam membangun Indonesia lima tahun ke depan.
 
Menurut Emerson, para menteri pilihan Jokowi dapat menjadi bencana. Pasalnya, ada kasus di luar Komisi Pemberantasan Korupsi dan PPATK yang membahas korupsi. Hal itu  ada di luar dua instansi besar itu.

ICW sendiri mengkritik Jokowi yang tidak melibatkan kejaksaan maupun Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak, dalam mencari menteri yang bersih. Selain itu,  adanya nama-nama profesional yang belum tentu bagus dalam pemerintahan. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,