Parlemen Yunani Setujui RUU Pengesahan Kesepakatan Utang

Parlemen Yunani Setujui RUU Pengesahan Kesepakatan Utang

Athena - Parlemen Yunani, Kamis (16/7/2015) dini hari, menyetujui RUU pengesahan kesepakatan utang yang dicapai pemerintah dengan kreditor pada Senin dan putaran pertama reformasi sebagai prasyarat pencairan segera bantuan internasional untuk menghindari gagal bayar dan "Grexit".

Sidang pleno meloloskan RUU yang membuka jalan bagi finalisasi dana talangan ketiga Yunani dan memperkenalkan set pertama reformasi perpajakan dan sistem pensiun, dengan 229 suara mendukung dari 299 anggota parlemen yang mengambil bagian dalam pemungutan suara, 64 suara menolak dan enam anggota parlemen abstain.

Partai pemerintah berhaluan kiri radikal yaitu Syriza berhasil meloloskan RUU itu berkat dukungan partai oposisi yang pro-Eropa -- di tengah banyaknya anggota parlemen yang menolak RUU ini, termasuk mantan Menteri Keuangan Yanis Varoufakis, Ketua Parlemen Zoe Constantopouplou, dan Menteri Energi Panagiotis Lafazanis.

Perdana Menteri Alexis Tsipras, yang nyaris membuat partainya terpecah menjadi dua dalam proses ini, berkeras bahwa dirinya tidak setuju terhadap mayoritas kesepakatan yang mendesak kenaikan pajak terhadap rakyat, perubahan total sistem pensiun, dan privatisasi.

Tetapi dia mengatakan bahwa Yunani tidak punya pilihan lain jika ingin tetap berada di zona euro.

"Kita tidak akan mundur dari niat kita untuk memperjuangkan hak-hak kelas pekerja kita," kata dia kepada parlemen jelang memungutan suara.

"Tidak ada pilihan lain selain kita semua berbagi beban," ujar Tsipras. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,