Keceriaan Jutaan Anak Berlebaran di Wilayah Konflik

Keceriaan Jutaan Anak Berlebaran di Wilayah Konflik

Gaza  - Jumat 17 Juli 2015 hari ini, umat Islam di seluruh dunia akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri dengan penuh sukacita. Mereka merayakan berakhirnya bulan suci Ramadan dengan penuh kemenangan setelah berpuasa satu bulan penuh.
 
Sesungguhnya terdapat beberapa tradisi yang serupa di berbagai negara, dalam menyambut hari yang fitri tersebut. Pernak-pernik Lebaran pun akan menampakkan lebih semarak. Senyum bahagia terpancar pada setiap wajah anak-anak, lengkap dengan baju baru mereka.
 
Tak terkecuali, sukacita menyambut Lebaran pun terasa hingga ke wilayah-wilayah yang tengah dilanda konflik. Di tempat sana, para pengungsi sejenak melupakan penderitaan mereka, kehilangan tempat tinggal yang hancur akibat perang, termasuk kehilangan sebagian anggota keluarga.
 
Di Palestina misalnya, warga Gaza dan Tepi Barat tampaknya sudah mulai bisa bernapas sedikit lega, setelah suasana penuh kehancuran dan kesedihan pada tahun sebelumnya. Ini akibat serangan Israel ke Gaza pada 2014.
 
Sementara pada beberapa bagian lain di belahan dunia lainnya seperti Suriah, jutaan orang harus merayakan hari Kemenangan dalam penderitaan dalam suasana pengungsian. Demikian halnya di Yaman, yang tetap berada di tengah kecamuk suasana peperangan selama Ramadan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,