Aher Dibilang Aneh-aneh, Fokus Tol Cisumdawu Dulu Pak!

Aher Dibilang Aneh-aneh, Fokus Tol Cisumdawu Dulu Pak!

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Jakarta - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan diminta untuk fokus menyelesaikan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Hal itu perlu ditegaskan karena beberapa waktu lalu, ia ingin mengusulkan pembangunan jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya, sebagai jalur penunjang arus mudik Lebaran.
 
"Tuntaskan dulu Cileunyi sampai Cisumdawu Pak," kata Dirjen Bina Marga Hediyanto di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jakarta, Rabu (22/7/2015). Permintaan dirinya kepada Gubernur Jabar, menurutnya agar tidak terjadi lompatan atau tumpang tindih pengerjaan infrastruktur jalan tol.
 
"Maksud saya jangan lompat-lompat dulu, kecuali swasta, ini kan sekarang Cipali ada, Cileunyi sampai Cirebon ada, itu kan bersaing. Ini bukan sekadar melengkapi, tapi bersaing juga, bisa-bisa yang tadi lewat Cikampek-Cirebon pindah ke Cileuny," tambahnya.
 
Hediyanto mengatakan, pembangunan jalan tol termasuk usulan Gubernur Jabar Aher di jalur Selatan Jawa untuk ruas Cileunyi-Tasikmalaya memang memiliki potensi yang bagus untuk dikerjakan. Masalahnya, ruas tol yang diusulkan sudah tepat atau belum waktu realisasinya. "Pasti semua penting, tapi apakah waktunya sekarang, ini masalah bisnis harus hati-hati," tegasnya.
 
Ia pun meminta Gubernur Jabar untuk tidak aneh-aneh terlebih dahulu dalam mengusulkan pembangunan jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya. Apalagi, pria yang akrab disapa Kang Aher ini mengusulkan pembangunan jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya menggunakan skema crowd-funding. Artinya mengumpulkan dana dari semua pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh Indonesia yang jumlahnya sekitar enam juta orang.
 
Di mana, masing-masing PNS dikenakan Rp 100 ribu. Gantinya, para PNS tersebut paska jalan tol tersebut beroperasi akan menjadi pemegang saham. Hal itu juga akan disampaikan Aher kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait usulan pembangunan jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya.
 
"Jangan aneh-aneh dulu, kerjakan dan selesaikan dulu yang Cisumdawu, jangan bikin isu yang baru nanti susah memonitor, biarkan saja secara pasar dibuka, bukan PNS dikenakan pungutan," kata Hediyanto.
 
Daripada mengusulkan ruas tol baru, lebih baik Pemprov Jabar segera menyelesaikan pembangunan ruas tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang perjanjiannya sudah ada beberapa tahun belakangan. "Kalau untuk kasus tol itu (Cisumdawu) sudah ada janjinya pemda, itu kan perjanjiannya tiga tahun yang lalu," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:aher,