Hati-hati Tidak Semua Bahan Makanan Masuk Lemari Es

Hati-hati Tidak Semua Bahan Makanan Masuk Lemari Es

Lemaris es fungsinya sama dengan penyelamat.  Menyelamatkan berbagai masakan agar terhindar dari basi dan rusak.  Tetapi tahukah Anda? Tidak semua lho yang tau kalau ada beberapa yang tak boleh masuk lemari es alias kulkas. 
 
Seperti yang dilakukan rekan saya Rini, setiap berbelanja di pasar tradisional, dia selalu memasukan belanjaannya untuk seminggu. Belanja mingguan inilah yang menyebabkan lemari es miliknya selalu full. 
 
Tetapi apakah Rini tahu apa saja yang boleh dan apa yang tidak boleh masuk lemari es? "Enggak sih, pokoknya agar terhindar dari kerusakan, makanan yang memerlukan berhari-hari bisa diselamatkan di lemari es, praktis kan?" katanya saat ditemui di pasar tradisional di Antapani, Sabtu (25/7/2015). 
 
Dilansir dari Daily Meal, ternyata ada beberapa makanan yang tidak boleh masuk lemari es alias kulkas. Apa saja ya yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas? 
 
 
1 Pisang 
 Penampilannya yang selalu kuning, mengundang selera untuk memetiknya dan dimakan dengan lezat. Tetapi bila buah pisang disimpan di dalam kulkas? Warnanya akan berubah, kalau rasa mungkin tetap aman karena bisa terjaga dari kulitnya yang tebal. Jadi ada baiknya pisang biarkan tetap berwarna kuning menarik dan lebih baik disimpan dalam suhu ruangan. 
 
2. Kopi. 
Ternyata buah kopi atau kopi bubuk agar tahan lama tidak harus di kulkas. Karena jika berada dalam suhu dingin, maka sifatnya yang tidak bisa melindungi  dari aroma maupun rasanya. Jadi kopi sebaiknya disimpan di tempat yang gelap dan berhawa sejuk jauh dari bau tajam lainnya. Praktis kan?
 
3. Minyak
Minyak justru bermusuhan dengan hawa dingin, karena lemak tak jenuh ini justru tidak membutuhkan pendingin. Karena jika ada di dalam kulkas akan menciptakan bentuk minyak yang kurang baik.
 
4. Kentang
Kentang yang sudah dibeli di pasar, ada baiknya tetap disimpan di tempat gelap, sama halnya seperti kopi. Sebab jika disimpan dalam suhu dingin akan merusak pati yang terdapat dalam kentang itu dan merubahnya menjadi gula. Sadar atau tidak jika merasakan kentang di dalam kulkas, rasanya sedikit manis. Agar aman simpanlah dalam ruangan yang tidak terlalu dingin dan gelap agar kentang bertahan lama.
 
5. Bawang
Bawang sama halnya dengan pisang, ada baiknya di simpan di suhu ruangan terbuka. Sebab jika masuk ke dalam lemari es bisa menjadikan bawang kehilangan kelembapannya dan tidak menarik. Tetapi jika bawang sudah di kupas dan diiris-iris ada baiknya disimpan di dalam kulkas sehingga terjaga dari bakteri yang ditimbulkan. Saat masuk dalam kulkas sebaiknya dimasukan dalam kantong plastik dalam keadaan tertutup. 
 
6. Tomat
Sebenarnya buah tomat dan sayuran ada baiknya disimpan di meja dalam suhu ruangan, ini agar tetap terjaga rasa dan tekturnya. Namun jika hawa panas seperti belakangan ini, sebaiknya disimpan di dalam kulkas.
 
7. Selai kacang
Diduga karena sudah dibuka, maka selai kacang akan aman disimpan di dalam kulkas. Tetapi ternyata kalau masuk kulkas selai kacang akan mengeras dan tentu sulit dioleskan ke roti yang lembut. Sesungguhnya ditutup dan berada di suhu ruangan sangat aman, karena akan terjaga tetap segar untuk waktu cukup lama.(Ode)**   

 

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,