Pilkada Kab. Tasikmalaya Hanya Diikuti Satu Pasangan

Pilkada Kab. Tasikmalaya Hanya Diikuti Satu Pasangan

Ilustrasi.

Bandung - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan hingga batas akhir pendaftaran Pilkada Tasikmalaya, Selasa (28/7), hanya satu pasangan dari petahana Bupati Uu Ruzhanul Ulum dan Wakilnya Ade Sugianto.

"Sampai batas akhir pendaftaran Pilkada Kabupaten Tasikmalaya ini hanya satu pasagan yang kemarin (Selasa) daftar ke KPU," kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Deden Nurul Hidayat melalui telepon seluler, Rabu (29/7/2015).

Ia mengatakan, pendaftar yang hanya satu pasangan itu tidak dapat dilanjutkan proses pelaksanaan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2015 tahap berikutnya.

Deden menjelaskan, sesuai aturan KPU akan memperpanjang waktu pendaftaran calon bupati/wakil bupati Tasikmalaya sampai 3 Agustus 2015.

"Yang daftar kebetulan satu paket (bupati dan wakilnya) dan tidak ada lagi pasangan lain, maka kita memperpanjang pendaftaran sampai tanggal 3," katanya.

Jika masih tidak ada yang berminat untuk daftar pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2015, kata Deden, pihaknya akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan Pilkada serentak ditunda periode berikutnya.

"Kalau tanggal 3 masih belum ada, nanti akan kita rapat plenokan, bisa tahapan Pilkada ditunda nanti untuk periode berikut," katanya.

Terkait penyebab tidak adanya pendaftar lain pada Pilkada Tasikmalaya, Deden mengatakan persoalan itu ada di internal partai politik atau masyarakatnya.

KPU, lanjut dia, sudah melakukan upaya sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat dan partai politik di Kabupaten Tasikmalaya.

"Kita tidak bisa menjawab itu (minat Pilkada Tasikmalaya), namun kita sudah melayangkan surat, bahkan secara masif sosialisasi kepada setiap partai, namun yang daftar seperti itu," kata Deden. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,