Pembangunan Kota Bandung Dibantu PM Inggris

Pembangunan Kota Bandung Dibantu PM Inggris

Bandung – Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, bahwa saat ini dalam pembangunan Kota Bandung dirinya dibantu oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron dengan menggunakan konsep Public Private Partnership (PPP). Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan konsep PPP ini telah digunakan oleh Inggris dalam kurun waktu 15 tahun terakhir.
 
“Pertemuan kemarin di Jakarta saya mendapat kehormatan dengan diundang oleh beliau, sebab konsep PPP ini dipercaya bisa membuat pembangunan kota khususnya Indonesia bisa berkembang dengan pesat,” ungkapnya di Gedung DPRD Bandung. Rabu (29/7/2015).
 
Emil mengaku bahwa di Inggris pembangunan kotanya didominasi oleh pihak ketiga, seperti jalan, tiang, sekolah, penjara, dan taman lainnya dibiayai oleh swasta. Sehingga Emil akan menggunakan konsep tersebut di Kota Bandung.
 
“Ini yang dulu disebut tanpa menggunakan dana APBD. Nah sistemnya nanti kita cicil 25-30 tahun," ucapnya.

Emil mengungkapkan konsep seperti ini bisa memudahkan pemerintah kota membangun berbagai fasilitas infrastruktur dalam jumlah banyak dalam kurun waktu singkat. Hal ini tentunya berbeda jika masih mengandalkan APBD.

"Contohnya sekolah atau rumah sakit yang bisa dibangun di awal jabatan. Jadi tidak menunggu setiap tahun, dengan konsep ini dalam satu tahun bisa membangun tiga sekolah sekaligus. Nah nanti cash flow-nya kita atur," jelas dia.
 
Emil mengaku dirinya menyetujui konsep yang ditawarkan oleh David kepada Presiden Joko Widodo. Dirinya akan memperjuangkan konsep ini ke tingkat nasional dan berharap pembangunan di Tanah Air bisa semakin berkembang,

Emil menjelaskan, bahwa untuk pembentukan konsep ini hanya tinggal bagaimana mengatur regulasi yang ada karena jika PPP berjalan selama 25 tahun dan tentunya akan dipimpin oleh Walikota yang berbeda-beda. 

 
"Kalau tidak seperti ini, kita kalah bersaing karena negara lain seperti Korea dan Philipina sudah menggunakan konsep ini. Perdana menteri menyampaikan apresiasi dan akan mengirimkan tim ahli dalam waktu sebulan sampai September nanti," ucap dia. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:,