Yun Liong dan Cari Rasa Terkenal di Kosambi

Yun Liong dan Cari Rasa Terkenal di Kosambi

Di kawasan Kosambi, selain nama-nama yang telah ada, cukup banyak nama-nama lain yang sebenarnya sangat erat kaitannya dengan potensi yang dimiliki kawasan tersebut. Seperti Gang Kaserne, dulu diduga di kawasan ini banyak terdapat pohon kersen. Begitu pun halnya dengan nama Kebon Pisang, dulunya di kawasan ini ditemukan banyak pohon pisang, tepatnya di asrama polisi.
 
Dibukanya Pasar Kosambi sebagai sarana jual beli bagi masyarakat, menyebabkan kegiatan ekonomi tidak lagi terpusat di kota bagian barat (Pasar Baru) saja. Namun bagian timur Kota Bandung pun ikut berkembang sebagai pusat perekonomian baru di Bandung. Apalagi selama ini diketahui, penduduk pribumi sejak abad ke-19 cenderung lebih banyak yang tinggal di daerah bagian timur.
 
Salah satu pelaku ekonomi yang terkenal di kawasan ini adalah Yun Liong. Yun Liong berasal dari nama bandar beras yang sangat terkenal dan terbesar pada masa itu. Hampir setiap kebutuhan beras yang ada di wilayah tersebut, dipasok oleh bandar beras tersebut.
 
Selain Yun Liong, masih ada produk unggulan khas Kosambi yaitu pabrik roti Cari Rasa, yang memasok hampir semua kebutuhan roti yang ada di Bandung. Pabrik roti ini sudah ada sejak tahun 1948 dan mampu bertahan hingga sekarang. Konon, menurut mereka yang pernah merasakan roti buatan pabrik Cari Rasa, kelezatan roti buatan pabrik ini tak kalah dibandingkan roti-roti berlabel luar negeri.(AY)
.

Categories:Unik,
Tags:,