Unpar Garap Restorasi Sungai Cikapundung

Unpar Garap Restorasi Sungai Cikapundung

Bandung - Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung menyusun program pemberdayaan masyarakat dalam rangka restorasi Sungai Cikapundung.

"Program sedang disusun, rencananya akan ada penyuluhan bagi masyarakat di sekitar sungai Cikapundung mengenai pentingnya hidup bersih, pendirian koperasi ekonomi mandiri dan sarana berupa MCK berbasis teknologi, pengolahan air dan pembangunan fasilitas pendidikan," kata Ketua Tim Doddi Yudianto di Bandung, Kamis (30/7/2015).

Ia menyebutkan, hasil dari kegiatan itu diharapkan masyarakat sadar hukum dan lingkungan serta tidak lagi membuang sampah ke sungai, tersedianya sanitasi yang memadai dan memenuhi syarat.

Menurut dia perlu pembenahan pada perilaku masyarakat, sungai dan sarana untuk memahami kebiasaan warga sekitar. Dalam proses mengubah kebiasaan mereka salah satunya diadakan penyuluhan.

"Kegiatan ini didorong karena kondisi kualitas air memburuk sementara tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi dan perkembangan industri tidak terkontrol," katanya.

Dalam pelaksanaannya tim yang terdiri dari dosen Unpar dan mahasiswa dalam merestorasi melibatkan masyarakat yang peduli Sungai Cikapundung termasuk perusahaan atau pemerintah. Selain memberikan penyuluhan juga membangun sarana pendidikan dan peribadahan.

"Masyarakat harus sadar hukum dan lingkungan serta tidak membuang sampah ke sungai," katanya.

Seminar pun akan diselenggarakan tentang tata air perkotaan pada 12 September atas hasil kerja sama tujuh perguruan tinggi yang ada di Bandung dan empat lembaga pemerintah. Selain itu penerapan teknologi tepat guna seperti fasilitas MCK.

"Jadi outputnya selain mencoba melakukan pengubahan juga menerbitkan buku berjudul 'Berguru Pada Sungai Cikapundung'," katanya.

Dia berharap masyarakat Cikapundung bisa hidup lebih sehat dan sejahtera dan Unpar bisa memberikan kontribusi nyata pada masyarakat Bandung. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,