Hasil Leg Kedua Kualifikasi Liga Champions

Hasil Leg Kedua Kualifikasi Liga Champions

Jakarta - Panathnaikos dari Yunani, Fenerbahce dari Turki, dan Steaua Bucharest dari Rumania menjadi tiga dari sebelas tim yang tersingkir dari fase pragrup Liga Champions setelah pada pertandingan leg kedua babak kualifikasi ketiga mereka Kamis dini hari WIB tadi dihajar lawan-lawannya.

Sebaliknya, Shakhtar Donetsk, Celtic dan BATE menjadi tiga dari sebelas tim yang lolos ke playoff hari ini, untuk mendampingi empat tim yang sudah lebih dulu lolos sehari sebelumnya, serta lima tim yang lolos otomatis ke babak ini.

Empat tim yang sudah lolos sehari sebelumnya adalah Rapid Vienna, AS Monaco, Dinamo Zagreb dan APOEL Nicosia. Sedangkan lima tim yang mendapat bye adalah Valencia, Manchester United, Bayer Leverkusen, Lazio, dan Sporting Lisbon. 

Keduapuluh tim akan bertanding pada babak playoff 25 dan 26 Agustus mendatang untuk memperebutkan sepuluh tempat pada fase grup bersama 22 tim yang lolos otomatis ke fase grup.

Berikut ringkasan pertandingan leg kedua babak kualifikasi ketiga Liga Champions Kamis dini hari WIB lalu, dikutip dari laman UEFA:

1. Sparta Praha 2, CSKA Moscow 3 (Moscow lolos ke playoff dengan agregat 4-5)
   Di Generali Arena, Praha, Republik Ceko, dua gol dari Ladislav Krejci dan Kehine Fatai sempat membawa Sparta Praha unggul 2-0, namun Ahmed Musa menyamakan kedudukan 2-2 sebelum Alan Szagoev menciptakan gol kemenangan CSKA Moscow.

2. Club Brugge 3, Panathnaikos 0 (Brugge lolos ke playoff dengan agregat 4-2)
   Di Stadion Jan Breydel, Belgia, tuan rumah Club Brugge membalikkan defisit 1-2 pada leg pertama dengan menang 3-0 pada leg kedua berkat tiga gol dari Dion Cools, Victor Vasquez, dan Mamadou Oulare.

3. Shakhtar Donetsk 3, Fenerbahce 0 (Donetsk lolos ke playoff dengan agregat 3-0)
   Di Arena Lviv, Ukraina, tuan rumah menggasak tamunya klub Turki Fenerbahce dengan skor 3-0 setelah pada leg pertama seri 0-0 berkat gol-gol dari Olexandr Gladkiy, Darijo Srna, dan Alec Teixerai.

4. Astana 1964 4, HJK Helsinki 43 (Astana lolos ke playoff dengan agregat 4-3)
   Astana menjadi salah satu dari hanya dua klub Kazakhstan yang pernah mencapai playoff setelah menang dramatis 4-3 pada leg kedua dari tamunya klub Finlandia, HJK Helsinki, setelah pada leg pertama pekan lalu seri 0-0.
   Helsinki sudah unggul 2-0 sampai menit 44 lewat dua gol Ousman Jallow dan Gideon Baah, namun disamakan dua gol Patrik Twumasi dan Roger Canas. Pada menit 56 Astana balik memimpin 3-2 lewat gol Dmitriy Shomko untuk kemudian disamakan Erfan Zeneli dari titik putih. Helsinki hampir dinyatakan lolos, namun pada tiga menit sesudah waktu normal usai Evgeny Postnikov menciptakan gol pengantar Astna ke playoff Liga Champions.

5. Qarabag 0, Celtic 0 (Celtic lolos ke playoff dengan agregat 0-1)
   Tuan rumah FK Qarabag dari Azerbaijan, tidak bisa memanfaatkan keunggulan tampil di kandang dengan tak bisa menciptakan satu pun gol dan gagal mengatasi defisit 0-1 pada leg pertama pekan lalu sehingga Celtic yang akhirnya lolos ke playoff. 

6. BATE Borisov 1, Videoton 0 (BATE lolos ke playoff dengan agregat 2-1)
   Tuan rumah BATE dari Belarus kembali meretas ke fase grup Liga Champions setelah tampil dominan menghadapi klub Hungaria Videoton yang kehilangan satu pemain pada babak kedua. Satu gol dari Maksim Zhavnerchik sudah cukup meloloskan BATE ke playoff.

7. FC Basel 1, Lech Poznan 0 (Basel lolos ke playoff dengan agregat 4-1)
   Tampil di kandang sendiri di St Jacob Park, Swiss, dan di atas angin karena sudah menang 3-1 pada leg pertama pekan lalu, FC Basel menciptakan satu gol pada menit 90+1  dari Birkir Bjarnason.

8. Partizan Belgrade 4, Steaua Bucharest 3 (Partizan lolos ke playoff dengan agregat 5-3)
   Setelah seri 1-1 pada leg pertama pekan lalu, tuan rumah Partizan Belgrade dari Serbia tak menyianyikan tampil di kandang dengan menggebuk klub Rumania Steaua Bucharest 4-2 pada leg kedua. Empat gol tuan rumah dilesakkan Stefan Babovic, Marko Jevtovic, Andrija Zivkovic, dan Nikola Trujic.  Sedangkan dua gol Steaua diciptakan Sulley Muniru dan Jugurtha Hamroun.

9. Malmo 3, Salzburg 0 (Malmo lolos ke playoff dengan agregat 3-2)
   Kalah 0-2 pada leg pertama pekan lalu di Austria, klub Swedia Malmo membalikkan keadaan saat tampil di kandangnya pada leg kedua dengan menggasak lawannya itu dengan 3-0 berkat gol-gol Nikola Djurdjic, Markus Rosenberg, dan Vladimir Rodic.

10. Viktoria Plzen 0, Macabbi Tel Aviv 2 (Maccabi lolos ke playoff dengan agregat 2-3)
    Tim tamu dari Israel tampil luar biasa dengan mempemalukan tuan rumah Plzen dengan bukan saja membendungnya maju ke playoff, namun juga menghentikan 13 kali menang klub Ceko itu pada babak kualifikasi Liga Champions.  Kedua gol Maccabi diciptakan Eran Zehavi pada menit-menit terakhir laga.

11. Skenderbeu Korce 2, FC Milsami 0 (Skenderbeu lolos ke playoff dengan agregat 4-0)
    Setelah menang 2-0 pada leg pertama pekan lalu, klub Albania Skenderbeu Korce kembali menang dengan skor sama pada leg kedua menghadapi tamunya klub Moldova FC Milsami.
    Kedua gol leg kedua ini diciptakan oleh  Hamdi Salihi dan Gerhard Progni. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,