Cuaca Berkabut, Helikopter TNI AD Ditembak di Papua

Cuaca Berkabut, Helikopter TNI AD Ditembak di Papua

Sebuah helikopter milik TNI Angkatan Darat (AD) jenis Bolco ditembak saat terbang di langit Timika, Papua.

Jakarta - Sebuah helikopter milik TNI Angkatan Darat (AD)  jenis Bolco ditembak saat terbang di langit Timika, Papua. Namun, tembakan itu tidak mengenai bagian vital helikopter. "Iya, betul tertembak. Mengenai bodi hanya enggak kena bagian yang vital, jadi enggak ada masalah saat mendarat," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Wuryanto, Kamis (6/8/2015) malam.
 
Menurutnya, dugaan awal helikopter tersebut ditembak oleh kelompok separatis yang tidak dikenal. "Ya, kemungkinan ya dari kelompok yang tidak dikenal," kata Wuryanto.
 
Disebutkan, peristiwa penembakan tersebut terjadi sekitar pukul 07.18 Wita, dan mengenai helikopter HS 7148. "Adapun rute heli dari Timika dengan Kapten Penerbang I Ketut Adi Saputro dan Kopilot Letda Penerbang Adam itu sedang bertugas mengantarkan logistik untuk prajurit TNI di Yonif 754/ENK Distrik Jila," tegasnya.
 
Berdasarkan keterangan dari kopilot, lanjutnya pada saat terbang kembali ke Timika, situasi cuaca memang tengah berkabut. Pada saat RTB (Rute Balik) dalam perjalanan sekitar  10 mil dari Timika radial 080, pada titik koordinat S 04'31'15.9' E 131'02'00.6' sekitar pukul 08.40 terdengar suara hentakan. Namun pada saat dilakukan pengecekan instrument berjalan normal. 
 
Meski begitu, heli tersebut berhasil mendarat di helipad airfast untuk pengisian bahan bakar. Setelah dicek secara keseluruhan ditemukan lubang seperti bekas proyektil yang diduga terkena tembakan. "Heli berhasil mendarat dan tidak ada korban," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:kriminal,