Menkumham Obral Grasi kepada 15 Ribu Napi Narkoba?

Menkumham Obral Grasi kepada 15 Ribu Napi Narkoba?

Jakarta  - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly berencana untuk memberikan grasi kepada 15.000 narapidana narkoba. Rencana pemberian grasi tersebut telah masuk tahap penilaian untuk segera disetujui.

"Saya mau memberikan grasi kepada 15 ribu napi narkoba, karena pengguna melalui Undang-Undang harus direhabilitasi. Sudah di-assessment," kata Yasonna di Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Senin (17/8/2015).

Disebutkan, grasi itu akan diberikan kepada pengguna narkoba, mereka nantinya wajib menjalani rehabilitasi sesuai dengan peraturan yang diterapkan. "Kalau dia pengedar, bandar tidak dapat grasi, tapi hanya pemakai. Pemakai itu harus kita rehabilitasi menurut UU Narkotika, tetapi kita kasih grasi dengan kewajiban rehabilitasi dan pasca rehab. Kalau tidak mau direhab ya tidak bisa," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Menkumham Yasonna pada hari kemerdekaan memberikan remisi umum dan remisi dasawarsa untuk para napi di seluruh Indonesia. Sebanyak 2.931 orang napi bebas karena mendapat remisi dasawarsa dan 2.750 orang bebas karena mendapat remisi umum. Selain itu, sebanyak 113.987 orang napi mendapat remisi dasawarsa dan 75.805 orang mendapat remisi umum. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,