Sutan Bhatoegana Divonis 10 Tahun

Sutan Bhatoegana Divonis 10 Tahun

Jakarta -  Mantan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana, divonis10 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Begitu vonis dibacakan, kesedihan tak dapat ditutupi oleh keluarga dari terdakwa kasus suap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2013 di Kementerian ESDM itu.
 
Istri Sutan, Unung Rusyatie dan ketiga anak perempuannya yang duduk di ruang Sidang Gedung Tipikor langsung meneteskan air mata dan lari keluar dari ruangan. "Ya Allah, sepuluh tahun," kata Unung sambil merangkul anak-anaknya sebelum meninggalkan ruang sidang.

Suasana berbeda tampak di raut wajah Sutan sendiri. Meski akan mendekam selama 10 tahun di dalam penjara, politikus Partai Demokrat itu terlihat tenang dibandingkan anak dan istrinya.

Mantan Ketua Komisi VII DPR RI Sutan Bhatoegana, divonis hukuman pidana sepuluh tahun penjara dan denda sebesar Rp 500 juta subsidier satu tahun kurungan oleh Majelis hakim pengadilan tindak pidana korupsi, Jakarta.

Majelis Hakim menilai, Sutan telah terbukti menerima uang 140.000 dolar AS dari mantan Sekjen Kementerian ESDM, Waryono Karno. Pemberian itu terkait pembahasan APBN-P Kementerian ESDM Tahun Anggaran 2013 di Komisi VII DPR.

Sutan juga dinilai terbukti melakukan perbuatan yang sesuai dalam dakwaan kedua lebih subsidier yakni menerima sejumlah pemberian. Antara lain menerima uang 200.000 dolar AS dari Rudi Rubiandini, dan mendapatkan tanah rumah sebagai posko pemenangan dari pengusaha Saleh Abdul Malik.

Vonis yang dijatuhkan kepada terdakwa Sutan lebih ringan dari tuntuan jaksa penuntut umum KPK. Mereka menuntut Sutan dengan hukuman pidana sebelas tahun penjara dan denda Rp 500 juta, subsider enam bulan kurungan. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,