Atlet Pelatda PON Juara Umum Dayung di Malaysia

Atlet Pelatda PON Juara Umum Dayung di Malaysia

Bandung - Atlet Pelatda PON XIX/2015 yang memperkuat tim Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjadi juara umum pada Kejuaraan Dayung Varsity Bootrace 2015 di Putrajaya Malaysia.

"Gelar juara umum ini kado untuk HUT ke-70 Kemerdekaan RI dan kami berharap sukses ini bisa berlanjut di ajang PON XIX/2016 sehingga berkontribusi menjadikan Jabar juara umum," kata Adrilia, salah seorang peraih medali emas pada nomor rowing di Bandung, Rabu (19/8/2015).

Pada kejuaraan Australia, Malaysia, Filipina dan beberapa tim Asia dan Eropa lainnya itu berlangsung 10-16 Agustus 2016 di Putrajaya itu, tim Jabar/UPI meraih delapan medali emas, satu perak dan satu perunggu.

"Hampir pada semua nomor kita masuk final, dan persaingan ketat berlangsung dengan Australia dan tuan rumah Malaysia," kata Adrilia yang menyumbang emas pada nomor rowing 8plus itu.

Dari delapan emas yang direbut tim Jabar/UPI itu, sebanyak enam emas dan satu perunggu dipersembahkan dari nomor rowing, sisanya dari nomor canoing.

Perjuangan pada ajang itu, kata Adrelia tidak mudah karena harus berlaga dengan atlet-atlet nasional dari Malaysia dan juga dari Australia. Namun dengan keyakinan dan optimistis dengan hasil latihan di UPI dan di Pelatda PON XIX/2016 Jabar, para atlet mampu bersaing mengatasi lawan-lawannya dengan hasil akhir juara umum pada laga itu.

Dari 16 nomor pertandingan, Jabar ikut di 14 nomor pertandingan. Dan hasilnya juga berhasil menyabet medali emas pada nomor bergengsi, salah satunya nomor rowing 8Plus putri. Sedangkan nomor yang dipertandingkan pada kejuaraan itu adalah rowing, canoing dan doubleskul.

Sementara itu Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin menyatakan sukses tim Jabar/UPI tersebut merupakan bukti dari hasil pelatihan dan pembinaan selama di Pelatda. Hal itu menurut dia memberikan harapan besar untuk bisa melanjutkan sukses di ajang PON XIX/2016.

"Hasil yang mereka raih luar biasa karena bisa juara umum di kejuaraan level internasional dan diikuti negara yang memiliki kekuatan di dayung. Saya berharap ini berlanjut pada POn XIX/2016," kata Ahmad Saefudin.

Ia menyebutkan, tak hanya raihan medali emas yang membuatnya lega, namun pada laga itu para atlet andalan Jabar itu mampu mencatatkan waktu yang cukup bagus untuk nomor itu. Selama setahun ke depan akan dimaksimalkan, dan ia juga menjanjikan untuk mengirim atlet-atlet potesial untuk mengikuti kejuaraan di luar negeri.

"Mereka butuh percaya diri dan meningkatkan performance, untuk itu kita akan mengirim mereka ke luar negeri, ikut kejuaraan yang juga diikuti atlet berkualitas," kata Ahmad Saefudin.

Sementara itu Dekan FPOK UPI Bandung yang juga Kepala Satlak Prestasi KONI Jabar Yuyun Widiana menyebutkan para atlet itu termasuk salah satu yang diperhitungkan untuk bisa mendulang emas bagi Jabar.

"Mereka masih bisa ditingkatkan lagi, dalam setahun ke depan mereka bisa fokus, terlebih mereka tidak dibebani untuk babak pra kualifikasi," kata Yuyun menambahkan. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:,