JK Dijadwalkan Buka Kongres Paguyuban Pasundan

JK Dijadwalkan Buka Kongres Paguyuban Pasundan

Bandung - Wakil Presiden M Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri pembukaan Kongres Paguyuban Pasundan Ke-42 di Gedung Merdeka Bandung pada 21 Agustus 2015, kata Ketua Umum Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi di Kota Bandung, Rabu (19/8/2015).

"Kehadiran Wakil Presiden ke kongres ini mencerminakan bahwa Paguyuban Pasundan adalah organisasi yang bersifat nasional bukan kedaerahan," kata Didi Turmudzi.

Ia mengatakan bukti lain bahwa Paguyuban Pasundan bukanlah organisasi kedaerah ialah dengan adanya cabang-cabang di berbagai provinsi di Indonesia dan di sejumlah negara lainnya seperti Malaysia, Jepang, Australia dan Amerika Serikat.

Menurut dia, Kongres Paguyuban Pasundan adalah mekanisme organisasi dalam rangka kelangsungan hidup organisasi dan kongres ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

"Adapun kongres yang sekarang merupakan kongres ke-42 di usia Paguyuban Pasundan yang ke-102 tahun dan mempertahankan eksistensi pada rentang waktu tersebut merupakan prestasi yang membanggakan, setidaknya umur yang membentang panjang itu eksistensi membanggakan," kata dia.

Adapun beberapa agenda yang diselenggarakan dalam kongres tersebut diantaranya laporan pertanggungjawaban kepengurusan periode 2010-2015 dalam menjalankan program kerja yang diamanatkan oleh kongres 2010 dan memilih kepengurusan periode 2015-2020 serta menyusun program kerja selama lima tahun ke depan.

Didi mengatakan, kongres ini akan mengusung tema "Katara Ayana, Karasa Mangpaatna" dalam arti menjadikan Paguyuban Pasundan di tengah masyarakat benar-benar membawa manfaat bagi kehidupan bersama sebagaimana komitmen organisasi ini sejak pertama kali didirikan pada 20 Juli 1913.

Lebih lanjut ia mengatakan misi Paguyuban Pasundan sejak awal didirikan hingga saat ini adalah memerangi kebodohan dan kemiskinan dengan dimilikinya 111 sekolah, empat perguruan tinggi dan berbagai pengembangan di sektor ekonomi seperti BMT, poliklinik, Biro Bantuan Hukum, Biro Perjalanan dan lain-lain.

Kongres ke-42 Paguyuban Pasundan sendiri akan diselenggarakan pada 28-30 Agustus 2015 di Kabupaten Pangandaran, Jawa barat. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,