PBNU Umumkan Pengurus 2015-2020

PBNU Umumkan Pengurus 2015-2020

Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengumumkan rancangan struktur kepengurusan organisasi massa Islam terbesar di Indonesia itu untuk masa khidmat 2015-2020.

Pengumuman struktur organisasi PBNU tersebut disampaikan oleh Ketua Umum terpilih ormas berbasis agama Islam tersebut, Said Aqil Siradj yang didampingi oleh Rais Aam Ma'ruf Amin, Slamet Efendi Yusuf dan Helmi Faisal Zaini pada hari Sabtu  (22/8/2015) petang.

"Rapat tim formatur telah selesai dengan lancar di rumah Rais Aam Ma'ruf amin dengan menghasilkan pengurus baru ini sebagai representasi dari berbagai daerah, tentu kepengurusan ini dengan berpegang teguh dan meneruskan program dari masa khidmat sebelumnya," kata Said di Gedung PBNU, Jakarta.

Struktur pengurus PBNU tersebut disusun oleh tim formatur yang terdiri dari beberapa orang yang dipercaya dari Pengurus Wilayah NU seperti dari Jawa Barat, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Papua yang dipilih dalam pagelaran Muktamar ke-33 ormas Islam terbesar itu di Jombang yang berlangsung tanggal 1-6 Agustus 2015 lalu.

Khusus untuk Papua, belakangan mempercayakan tugas sebagai formatur tersebut ke Pengurus GP Ansor dengan menunjuk Nusron Wahid yang merupakan ketua organisasi kepemudaan sayap NU itu.

Dari informasi yang dihimpun, tim formatur menempatkan beberapa nama berikut untuk menempati berbagai posisi dalam struktur organisasi PBNU untuk masa khidmat 2015-2020 mendatang.

Untuk posisi Mustasyar atau penasehat, ada nama KH. Maemun Zubair, KH. Ahmad Mustofa Bisri, KH. Nawawi Abdul Jalil, KH. Abdul Muchut Muzadi, KH. Tholhah Hasan dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pengurus Harian Syuriah PBNU antara lain, Rais Aam KH. Ma'ruf Amin, KH. Miftahul Akhyar sebagai Wakil Rais Aam, untuk Rais KH. Mas Subadar, KH. Masdar Farid Mas'udi, KH.Ahmad Ishommuddin dan KH. Dimyati Romli.

Katib Aam ditempati oleh KH. Yahya Cholil Staquf, lalu untuk Katib antara lain KH. Mujib Qulyubi, KH. Abdul Ghafur Maemun, dan Ketua KPAI Asrorun Niam Shaleh. A'wan antara lain KH. Abun Bunyamin Ruchiat, KH. Hilmi Muhammadiyah dan KH. Cholid Mawardi.

Untuk tingkat pengurus harian Tangidziyah, Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj, Wakil Ketua Umum Slamet Effendi Yusuf, posisi ketua antara lain diisi oleh Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Nusron Wahid.

Sekretaris Jenderal PBNU Ketua Fraksi PKB di DPR Helmy Faishal Zaini dan wakilnya antara lain Andi Najmi Fuaidi, Masduki Baidlowi dan Syahrizal Syarif. Untuk bendahara Umum tim formatur menunjuk Bina Suhendra. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:,